Bingung Cara Meminta Kenaikan Gaji? Ini Tipsnya! | PortalHR.com

PortalHR

BPJS Ketenagakerjaan

Tips

Bingung Cara Meminta Kenaikan Gaji? Ini Tipsnya!

Senin, 15 April 2013 - 10:05 WIB

Kenaikan gaji bagi karyawan merupakan hal yang ditunggu-tunggu. Jika Anda telah melakukan pekerjaan dengan sangat baik, jangan takut untuk “meminta” kenaikan gaji kepada atasan Anda. Menurut survei yang dilansir thisismoney hanya 6 dari 10 orang yang mau bersikeras menanyakan  perihal kenaikan gaji mereka. Kebanyakan mereka merasa tidak nyaman meminta kenaikan gaji karena takut mengurangi nilainya di depan atasan.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum mengajukan kenaikan gaji :

1. Pastikan dulu Anda mempunyai faktor pemicu

Sebelum Anda meminta kenaikan gaji, pastikan kemungkinan tersebut dapat terjadi di perusahaan tempat Anda bekerja. Beberapa perusahaan sudah memiliki pakem tertentu mengenai kebijakan gaji untuk karyawannya. Keadaan ekonomi juga perlu dipertimbangkan. Banyak industri yang memilih mempertahankan karyawannya dengan mengeluarkan budget sekecil-kecilnya karena alasan resesi ekonomi.

Faktor pemicu yang lain adalah tawaran pekerjaan dari perusahaan lain atau Anda diminta mengerjakan tugas di luar tanggung jawab Anda secara berulang kali. Jika Anda mempunyai salah satu faktor tersebut, Anda semakin mudah meneruskan langkah selanjutnya.

2. Pilih waktu yang tepat

Waktu yang tepat di sini dalam arti Anda telah menjalankan semua tugas dengan sangat baik. Jika belum, berarti waktu Anda belum tepat untuk saat ini. Permintaan Anda tidak akan masuk akal jika Anda belum menunjukkan performa terbaik bagi perusahaan. Anda bisa tunggu sampai performa Anda sangat baik di mata organisasi.

Kunci agar permintaan Anda berjalan sukses adalah mengukur waktu yang baik. Coba pastikan dulu, apa yang telah Anda lakukan selama ini untuk perusahaan. Hal itu akan membuktikan seberapa berharga Anda bagi perusahaan. Waktu yang tepat ketika nilai Anda sedang bagus dan tinggi. Jangan sekali-kali meminta kenaikan gaji dengan berkata seperti ini kepada bos Anda, “Saya sudah di sini selama setahun dan saya pantas akan kenaikan gaji”. Bos Anda dengan santai akan menjawab,” terus kenapa?”.

3. Diskusikan dengan orang yang capable

Salah satu langkah yang Anda harus pertimbangkan adalah mengetahui company’s policies. Anda bisa membaca buku manual karyawan atau melihat informasi dari intranet perusahaan (jika ada) untuk mengetahui tentang peraturan administrasinya. Hal yang paling baik adalah berdiskusi dengan orang HR perusahaan yang dapat dipercaya. Tanyakan hal-hal yang membantu permintaan Anda, seperti :

–          Apakah perusahaan memerlukan review kinerja tahunan untuk menentukan kenaikan gaji karyawan?

–          Apakah kenaikan gaji berdasarkan jadwal yang tetap atau melalui prestasi/ranking?

–          Siapa yang membuat keputusan tersebut atau siapa yang menyuruh hal itu untuk dibuat?

4. Miliki skill negosiasi

Meskipun kenaikan gaji itu adalah hal yang sulit didapatkan, akan lebih buruk lagi jika Anda tidak pernah mempunyai mindset untuk menanyakan hal itu. Dalam hal tertentu, wanita kerap sungkan untuk meminta kenaikan gaji karena alasan ‘tidak enak’ kepada atasannya. Padahal lihatlah usaha ini sebagai kesempatan Anda menunjukkan bahwa Anda cukup peduli untuk mengembangkan karir Anda di dalam perusahaan dengan bakat Anda sendiri.

Untuk itu, jika Anda ingin mengajukan kenaikan gaji, negosiasi adalah skill yang Anda harus miliki. Jika Anda masih ragu dalam hal ini, luangkan waktu untuk belajar dan berlatih sebelum Anda mendekati bos Anda.

5. Dealing dengan Penolakan

Hanya ada dua kemungkinan setelah Anda meminta kenaikan gaji. Jika memang Anda pantas mendapatkannya, maka kenaikan gaji akan disetujui bos Anda. Namun ada kemungkinan yang pahit, jika permintaan Anda belum dikabulkan sepenuhnya oleh perusahaan. Jika ini terjadi hal yang sebaiknya Anda lakukan adalah jangan tersinggung. Jika Anda membiarkan keputusan itu mempengaruhi situasi hati Anda dan Anda menunjukkan hal itu di depan bos Anda, maka ia akan merasa bahwa keputusannya untuk menolak permintaan Anda adalah tepat.

Jika boleh bersaran, hal terbaik yang harus Anda lakukan setelah itu adalah menanyakan apa yang harus Anda tingkatkan untuk meningkatkan nilai Anda. Anda bersama bos Anda dapat menyetujui peningkatan tanggung jawab dan kegiatan kerja Anda dalam periode waktu yang ditentukan.

Saran-saran yang disusun dari wikihow ini juga menekankan bahwa jika usaha Anda belum juga berhasil, maka Anda perlu realistis. Pikirkan kemajuan karir Anda di tempat lain, namun hal ini harus dipikirkan sematang mungkin.





Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Connect with Facebook

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

HR Summit

Komentar Terkini

Gudang Data

Event HR