PortalHR

IDSL

Resensi

Measuring Organizational Performance_resensibuku

Cara Praktis Mengukur Kinerja Organisasi

Jumat, 13 Januari 2012 - 8:39 WIB
  • Judul Buku: Measuring Organizational Performance
  • Pengarang: R. Chang
  • Penerbit: PPM Manajemen
  • Jumlah halaman: 100
  • Penulis Resensi: Rudi Kuswanto

Jumat, 13 Januari 2012 - 8:39 WIB

APA jadinya kalau perusahaan atau organisasi tidak memiliki sasaran kinerja? Ibarat kata, organisasi tersebut bagai kapal yang berlayar tanpa ada arah yang dituju.

Bisa jadi, kapal tersebut melaju kencang disebabkan oleh dorongan angin yang sangat kuat, layar terkembang penuh, SDM-nya atau awak kapalnyapun juga sangat terampil, namun hampir bisa dipastikan kapal tersebut tidak akan sampai ke mana-mana karena satu alasan: tidak punya tujuan!

Analogi kapal di atas, sangat relevan dengan perjalanan sebuah perusahaan atau organisasi. Perusahaan tidak bisa dikatakan berhasil jika tidak ada sasaran yang akan dicapai. Orang-orang yang terlibat di dalamnya bisa berdalih bahwa berlayar tanpa arah tujuan itu sangat menyenangkan. Namun dengan peta bisnis dan persaingan yang ketat seperti sekarang, akan berakibat fatal jika perusahaan mengabaikan sasaran sebenarnya yang akan dituju.

Inilah kenapa buku Measuring Organizational Performance yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia ini, memberikan gambaran kepada pembacanya kenapa mengukur kinerja itu sangat penting. Tidak hanya memberikan gambaran saja, buku ini bisa juga disebut sebagai buku panduan bagaimana memulai tahap demi tahap jika sebuah organisiasi belum punya bentuk ke mana organisasi tersebut akan melangkah.

Ada10 bab yang akan menjelaskan steb by step bagaimana Measuring Organizational Performance seharusnya dilakukan. Berikut ini gambaran isi buku tersebut:

1. Memahami Pengukuran Kinerja

2. Mengembangkan Pengukuran yang Selaras

3. Menyusun KRA (key result area), KPI (key performance indicator) dan Sasaran Kinerja Organisasi

4. Menyeleksi KRA dan KPI Organisasi yang terkait dengan Fungsi Kelompok Kerja

5. Mengembangakan KRA Kelompok Kerja

6. Mengembangakan KPI Kelompok Kerja

7. Menetapkan Metode Pengumpulan, Pelacakan Data, dan Umpan Balik

8. Mengumpulkan Data Dasar dan Menetapkan Target

9. Menetapkan Sasaran dan Taktik Kelompok Kerja

10. Memonitor dan Laporan Kinerja

Membaca buku setebal 100 halaman ini, serasa kita dipandu langkah demi langkah, dilengkapi dengan form untuk berlatih. Bagi organisasi yang yang baru memulai usahanya, buku ini sangat disarankan sebelum organisasi tersebuh jauh melangkah. Menentukan arah sasaran kinerja bagi organisasi yang masih start-up sedini mungkin, jelas menjadikan organisasi ini bisa lebih efektif dan efisien dalam menjalankan roda organisasi.

Buku Measuring Organizational Performance merupakan salah satu satu dari empat buku “Performance Management Series”. Meskipun terbilang praktis, buku-buku ini didasarkan atas konsep yang kuat dan mutakhir, relevan dengan kekinian. Kreativitas pembaca tentu akan semakin melengkapi konsep yang ditawarkan, disesuaikan dengan kebutuhan dari organisasi masing-masing. (*)





Satu komentar to Cara Praktis Mengukur Kinerja Organisasi



  1. Agus KBM
    Senin, 16 Januari 2012 pada 21.56

    maksih ya
    ne bener-bener manfaat buat saya…..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Connect with Facebook

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Terkini

Gudang Data

Event HR