Lead by Heart, mengenal sosok Michael D Ruslim | PortalHR.com

PortalHR

BPJS Ketenagakerjaan

Resensi

leadbyheart

“Lead by Heart” – Mengenal sosok Michael D. Ruslim

Kamis, 22 September 2011 - 10:49 WIB
  • Judul Buku: Lead by Heart
  • Pengarang:
  • Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
  • Jumlah halaman: 200
  • Penulis Resensi:

Kamis, 22 September 2011 - 10:49 WIB

Setiap kepemimpinan pasti akan mencapai kata “akhir.” Bahkan seorang pemimpin kampiun sekalipun menyadari bahwa tahta tidaklah kekal. Suatu hari nanti, pasti akan terjadi penyerahkan tongkat kepemimpinan.

Perkara “kapan,” adalah urusan kedua. “Mau” atau tidaknya adalah urusan ketiga. Sementara “siap” atau tidak lain lagi. Yang jelas, akhir suatu jabatan seperti juga akhir suatu kehidupan adalah suatu keniscayaan.

Itulah yang dihadapi setiap manusia dan karena itu seharusnya menjadi fokus dalam kehidupannya. Manusia berupaya menjadi insan yang bermakna bagi sesamanya sehingga pada akhir kehidupannya meninggalkan kesan yang mendalam serta inspirasi yang positif.

Begitu dalam kesan yang ditinggalkan Michael D. Ruslim—mantan CEO Astra Internasional yang telah meninggal dunia pada tanggal 20 Januari 2010—sehingga beberapa orang yang sempat mengenalnya dari dekat menuliskan buku ini. Begitu banyak inspirasi yang dapat dipetik dari kepemimpinannya sehingga sayang bila tidak disebarluaskan kepada pembaca yang lebih luas.

Buku “Lead by Heart” memotret sosok Michael Dharmawan Ruslim, pria berkaca mata yang santun, ramah, dan senang guyon ini dari empat sudut pandang.

Bagian pertama dari sisi penguasaan kepemimpinan (leadership mastery). Bagian ini menceritakan pengalaman Michael sejak dari Bandung, kuliah di Berkeley, bekerja di Citibank hingga bergabung ke Astra dan menjadi CEO.

Bagian kedua mengupas bagaimana Michael mengelola bisnis-bisnis Astra, gaya manajemen yang dipraktikkannya, termasuk saat menghadapi badai krisis global di tahun 2008.

Bagian ketiga menyoroti Michael dalam mengelola orang (managing people), mengupas aspek-aspek pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) di Astra.

Bagian keempat mengupas bagaimana Michael menggerakkan aktivitas non-bisnis yang memperlihatkannya sebagai seorang pemimpin yang sangat peduli pada hal-hal di luar urusan finansial perusahaan, yang menyangkut sosial dan lingkungan.

Lead by Heart adalah rekam jejak Michael D. Ruslim, CEO Astra 2005-2010, dalam mengemban berbagai peran sebagai pemimpin.

Ditulis oleh para penulis handal yang beberapa di antaranya tidak asing lagi—Wiwiek D. Santoso, Paulus Bambang WS, Ekuslie Goestiandi, Yakub Liman, dan Yulian Warman—buku ini adalah bacaan yang menarik sekaligus menginspirasi.




Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

HR Summit

Komentar Terkini

Gudang Data

Event HR