PortalHR

IDSL

Wajah HR

Mahatur Mafela: On fire dengan Profesi HR

Senin, 17 Oktober 2011 - 1:25 WIB

Mengawali profesi sebagai praktisi HR, bagi Fela, sapaan akrab Mahatur F Mafela—HR Specialist, Manpower Planning Division Kangean Energy Indonesia—ibarat pucuk dicinta ulam pun tiba. Meski begitu, lulusan sarjana psikologi Universitas Atmajaya 2003 ini harus melewati perjalanan cukup panjang. Selepas lulus kuliah, bekerja di industri perbankan sebagai awal ia meniti karir. Di situ Fela diberikan job desc untuk meng-handle urusan dengan pelanggan sebagai customer relations.

Selepas kerja di bank, Fela mulai berkenalan dengan industri oil and gas ketika ia menimba ilmu di VICO Indonesia sebagai web administration. Di sini Fela mengelola tampilan informasi seputar perusahaan untuk konsumsi internal.

“Biasanya setiap departemen mengirimkan artikelnya masing-masing dan kita yang mengelola untuk ditampilkan dalam portal intranet,” jelasnya tentang apa yang dikerjakannya sebagai web admin.

Sekitar setahun Fela di VICO Indonesia untuk kemudian ia menerima tantangan sebagai seorang sekretaris presiden & general managers atau biasa disingkat President & GM, pimpinan tertinggi bisnis unit di PT Kangean Energy Indonesia.

“Meskipun dari sisi pekerjaan tidak sesuai dengan background pendidikan, saya melihat pekerjaan yang saya emban saat itu dengan sudut pandang yang berbeda,” ujarnya kepada portalHR.com saat ditemui di kantornya.

Justru dengan jabatannya sebagai sekretaris President & GM, Fela seperti mendapat berkah karena semua pusat bisnis bisa dia ketahui. “Ya karena semua laporan dari setiap departemen masuknya ke presiden, saya juga selalu ikut meeting-meeting baik dengan kepala divisi maupun dengan share holder lainnya. Di sinilah saya lebih tahu secara mendalam bagaimana bisnis ini dijalankan mulai dari awal hingga akhir proses produksi,” imbuhnya.

Meskipun tugas intinya tetap sebagai sekretaris, Fela mendapat banyak ilmu karena ia dituntut untuk membaca banyak laporan, merangkum minute of meeting. Ini pula yang membuat Fela bersemangat untuk meneruskan studinya. “Saya ambil S-2 di Psikologi Terapan Knowledge Management di Universitas Indonesia dua tahun lalu. Hampir berbarengan dengan saya kuliah ini, di kantor ada kesempatan untuk masuk ke HR sebagai manpower planning,” katanya mengisahkan.

Tugas utamanya, sambung Fela, adalah rekrutmen. “Selain itu juga ikut terlibat untuk training in-house. Saya juga sempat menangani expatriat, mulai dari ijin masuknya dan lain-lainnya, termasuk kontrak kerjanya. Lainnya seperti terlibat untuk remunerasi karyawan kontrak, maupun anak-anak magang, atau yang ambil tesis,” ujarnya.

Yang membuat Fela bersemangat saat ini adalah ia diberikan kesempatan untuk mengembangkan knowledge management. “Wah serunya ini seperti mempraktekkan ilmu yang barusan saya dapatkan. Saat ini kami tengah menerapkan KM ini sebagai pilot project di Kangean. Di sinilah ada kesempatan bisa menerapkan ide-ide dari apa yang saya pelajari, dan dukungan manajemen juga bagus karena di samping Kangean adalah perusahaan yang relatif masih baru, sehingga aturannya pun tidak terlalu kaku dan masih banyak ruang bermain, lagi on-fire-lah istilahnya,” tuturnya.

Fela didapuk sebagai salah satu Youth HR Future Leaders yang akan berbicara pada Konferensi Nasional SDM Indonesia 2011 yang akan diadakan di hotel JW Mariott Jakarta 26-27 Oktober mendatang. (rudi@portalhr.com)






5 komentar untuk artikel Mahatur Mafela: On fire dengan Profesi HR



  1. ingo
    Sabtu, 4 Agustus 2012 pada 10.46

    pa kabar bu?

  2. Monang Sirait
    Kamis, 12 April 2012 pada 15.16

    Benar kata orang arif. Keberuntungan itu selalu ada bagi orang2 yang selalu mempersiapkan diri. Seseorang selalu siap diri, jika tdk menyianyiakan setiap kesempatan menyelesaikan pekerjaan yang ada dihadapannya, tdk menunda-nunda.

  3. ﻋﺒﺪﺍﻟﻠﻪ ﻋﺒﺎﺩ
    Sabtu, 31 Maret 2012 pada 15.55

    Menarik jg perjalan karir Mba Fela, setelah berpindah dari 1 domain ke domain lainnya akhirnya mendapatkan juga apa yg dituju.

    Keep it on fire, teruslah berjuang dan juga berdoa.

    Semoga Allah memberikan kemudahan2 kepada Mba Fela….

  4. Budi
    Senin, 24 Oktober 2011 pada 04.41

    :-) Saya: On fire dengan mbak Mahatur Mafela :-). Cerdas and Cantik. Tambah semangat ikut seminar nya…,tapi sayang jauh…:-(

  5. taufik
    Selasa, 18 Oktober 2011 pada 15.31

    bisakah share lewat sos networking…?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Connect with Facebook

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Terkini

Gudang Data

Event HR