Selamat Tinggal Intranet, Selamat Datang ESN | PortalHR.com

PortalHR

IDSL

Berita

Selamat Tinggal Intranet, Selamat Datang ESN

Rabu, 13 Juni 2012 - 10:36 WIB

Masih ingatkah dulu pada awal masuknya internet di tanah air, tidak lama setelah itu dunia korporasi mulai membangun intranet untuk kebutuhan komunikasi internal. Situs-situs intranet ini biasanya dibangun pada jaringan lokal dengan tampilan yang seadanya. Gagasannya adalah membuat sebuah portal internal yang hanya bisa diakses oleh karyawan, memudahkan karyawan saling berbagi dokumen, kisah sukses, informasi pelanggan dan sebagainya.

Tetapi, seperti dilaporkan situs web Readwriteweb baru-baru ini, sebagian besar intranet korporasi saat ini sudah tinggal kenangan. Apa yang terjadi?

Tidak ada yang menyadari ketika itu terjadi, namun bila direnungkan kegagalan intranet menunjukkan pelajaran klasik dimana sebuah produk yang sepertinya demikian populer pun bisa dengan cepat menjadi usang dengan kemajuan teknologi dan perubahan sosial yang sepertinya tidak berkaitan langsung.

Salah satu pembunuh intranet adalah sebuah produk menyeluruh yang bernama Enterprise Social Network (ESN). Solusi seperti ini biasanya sudah mencakup fasilitas seperti group discussion, microblogs, news stream, dan social media.

Berbeda dengan intranet yang hanya bisa diakses dalam jaringan tertutup, solusi ESN dapat diakses dari mana saja (menggunakan password) serta menggunakan teknologi serta tampilan yang jauh lebih mudah digunakan dan sesuai dengan era social media saat ini.

Sifat ESN yang lebih social memungkinkan pengguna saling berbagi file sambil menyertakan komentar, suatu fitur yang sangat penting bila sebuah team sedang berkolaborasi mengerjakan suatu materi presentasi misalnya. Solusi ini juga bisa digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang mendukung pelayanan pada pelanggan. Atau memonitor kompetitor. Lebih dari yang bisa dilakukan karyawan dengan intranet dulu.

Ketika Twitter menjadi populer, sebagian besar pembuat produk ESN pun menyesuaikan tampilan mereka dengan kotak dialog yang sederhana dengan hanya 140 karakter pada sekali posting.

Fitur ESN

Produk ESN biasanya memiliki fitur-fitur di bawah ini:

-       Team Workspace. Anda bisa memisahkan teman-teman dalam satu project dan memasukkan semua materi dalam satu tempat yang mudah diakses. Dengan begini memudahkan juga dokumentasi proyek-proyek yang sudah selesai.

-       Activity Stream. Aliran aktivitas seperti yang ada di Twitter berguna untuk memonitor apa yang dilakukan para teman sekerja.

-       Pendeteksi Kehadiran. Seperti halnya fasilitas Intant Message, Anda bisa mengetahui kapan saatnya kolega Anda masuk kantor dengan menanyakan pertanyaan cepat atau lewat obrolan video.

-       Kolaborasi dokumen. Anda bisa mengedit dokumen secara real time untuk membuat sebuah hasil pekerjaan team tanpa harus terus menerus mengirim email kepada anggota team.

-       Koneksi dengan layanan lain. Sebagian besar produk ini bisa terhubung dan berinterkasi dengan sistem CRM, server SharePoint, email, dan lain-lain.

-       Versi mobile. Sebagian besar produk ini juga mendukung versi mobile seperti iOS dan Android.

-       Berada di jaringan public maupun private. Anda bisa memulai dengan jaringan yang berada di public (cloud) kemudian memindahkan ke server perusahaan apabila menginginkan keamanan yang lebih tinggi.

 

Dengan fitur yang sedemikian lengkap, dan yang terpenting—sesuai dengan era social media ini—bersiaplah untuk mengucapkan selamat tinggal kepada intranet Anda, dan bersiaplah memasuki era HR baru dengan Employee Social Network.





Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Connect with Facebook

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Silakan klik Topik Berita di bawah ini

ASAP Conference ASTD benefit BPJS CEO Engagement gaji Generasi Y gen y Good Morning Partner Google HR HRD job description kalender event HR karier karir Karyawan kenaikan gaji kepemimpinan ketenagakerjaan knowledge management leadership Linkedin manajemen outsourcing Paulus Bambang WS pengembangan PHK PKWT produktivitas rekrutmen SDM seputar HR serikat pekerja Singapore Human Capital Summit social media social media & HR talent talent management teknologi THR tips training wirausaha

Komentar Terkini

Gudang Data

Event HR

idsl