Konsisten Terapkan Tunjangan Kesejahteraan | PortalHR.com

PortalHR

BPJS Ketenagakerjaan

Rewards

Konsisten Terapkan Tunjangan Kesejahteraan

Minggu, 6 Februari 2005 - 3:22 WIB

Apa dasar penggajian maupun renumerasi di perusahaan Jepang (merit system, lama masa kerja atau competency based)? Bagaimana penerapannya untuk level manajemen puncak, menengah, dan karyawan?

Terus terang, masih sedikit perusahaan Jepang yang menerapkan sistem renumerasi dengan baik dan benar. Biasanya mereka akan mematok gaji seseorang berdasarkan tingkat inflasi, kenaikan UMK, dan hasil penilaian kinerja yang belum transparan.

Mulai ada tendensi untuk memberikan tunjangan keahlian kepada mereka yang mempunyai sertifikat untuk kemampuan bahasa Jepang, bisa mengendarai forklift, solder, dan lainnya.

Apakah keunikan sistem penggajian dan renumerasi di perusahaan Jepang dibandingkan dengan perusahaan dari negara-negara lain?

Keunikan dari perusahaan Jepang adalah kinerja mereka tidak melulu dilihat dari kinerja individu, tetapi lebih dinilai sebagai hasil dari suatu team work.

Sejauh mana perusahaan Jepang menggunakan hasil survey gaji untuk merumuskan sistem renumerasi?

Berdasarkan pengalaman saya bermain dengan hampir 500 perusahaan Jepang di sini, rumusan sistem renumerasi ditentukan berdasarkan hasil musyawarah mereka antara grup atau tenant yang berada di sekitarnya, misalnya kawasan industri Jababeka, EJIP, dan lain-lain.

Bagaimana kisaran gaji terendah hingga paling tinggi? Seberapa kompetitif renumerasi perusahaan Jepang dibandingkan pasar?

Biasanya mereka bermain dengan harga “safe”, tidak di bawah pasar tetapi juga tidak di atas pasar. Gajinya berkisaran dari Rp 1 juta¬†- Rp 15 juta. Namun mereka sangat konsisten terhadap pemberian paket kesejahteraan kepada staf dan keluarganya.

Bagaimana perusahaan Jepang melihat faktor renumerasi dalam menghasilkan kepuasan bekerja bagi pada karyawan? Apakah faktor renumerasi itu menjadi penyumbang terbesar kepuasan bekerja?

Mereka menyadari betul bahwa faktor renumerasi sangat menunjang faktor kepuasan karyawan, namun sayangnya masih belum diterapkan dengan baik seperti halnya pada perusahaan-perusahaan asing lainnya.

Apa saja komponen benefit yang diberikan kepada manajemen maupun karyawan biasa? Seberapa positif hal itu disambut karyawan dan manajemen?

Umumnya mereka sangat berterimakasih atas pemberian training, pembelajaran, non-individual sales oriented system dan prosedur kerja yang sistematis atau SOPnya jelas. Dan hampir tidak ada perusahaan yang bermain di bawah UMK dan mencoba untuk melanggar peraturan ketenagakerjaan yang berlaku.

Dan dibandingkan perusahaan Korea atau lokal, karyawan bisa mendapatkan haknya seperti gaji, allowance dll, tepat waktu. Perasaan aman untuk bekerja di perusahaan Jepang pun umumnya memacu mereka untuk memilihnya menjadi tempat kerja mereka. Jarang terdengar perusahaan Jepang yang bangkrut di Indonesia.

Category: Product #: Regular price:$ (Sale ends ) Available from: Condition: Good ! Order now!
Reviewed by on. Rating:




Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

HR Summit

Komentar Terkini

Gudang Data

Event HR