PortalHR

HRIS Expo & Conference

People Management

10 Perusahaan Terbaik untuk TI

Selasa, 9 Juli 2013 - 2:38 WIB

Di tengah perkembangan arus teknologi yang semakin cepat saat ini, peran divisi Teknologi Informasi (TI) menjadi sangat dibutuhkan. Beberapa organisasi bahkan sangat memperhitungkan kinerja mereka demi produktivitas kerja karyawannya. Untuk itu, Computer World memilih 10 perusahaan terbaik yang dinilai mampu menjadi contoh bagi perusahaan lain dalam mengembangkan tim IT mereka.

1. Quicken Loans

Perusahaan yang berada di Detroit, Michigan ini bergerak di bidang penyediaan jasa hipotek online. Quicken Loans berada di urutan pertama karena royal dalam memberikan pelatihan bagi tim IT mereka. Lebih dari 200 jam training internal dilakukan untuk karyawan IT mereka setiap tahunnya, itu pun ditambah 40 jam training ekternal berupa konferensi, seminar dan program pengembangan ketrampilan yang disesuaikan dengan keahlian karyawan. Jangan tanya bonus, Quicken Loans gemar memberikan trip gratis ke tempat rekreasi, konser sampai pertandingan olahraga, seperti Quicken Loans 400 NASCAR racing. Dengan total 9641 karyawan, Quicken Loans mempunyai 859 karyawan IT, hampir 10% dari jumlah keseluruhan dan hanya mengalami turn-over sekitar 5% pada tahun 2012.

2. USAA

Perusahaan penyedia jasa keuangan bagi anggota militer ini memiliki jumlah karyawan sebanyak 24.547 orang. Rata-rata karyawan mereka mengaku bangga karena bisa membantu para anggota militer beserta keluarganya. Selain itu, mereka juga mendapatkan fasilitas kerja yang berlimpah, di antaranya perusahaan memberikan subsidi sebesar 85% bagi liburan anak-anak mereka. Dan pastinya mereka mendapatkan kesempatan berharga berupa mentoring dan pengembangan diri dari para veteran militer.

3.  Career Builder

Selain bebas menikmati semua fasilitas yang disediakan kantor, pekerja IT di website pencari kerja ini juga mendapatkan kenikmatan lain, seperti jadwal kerja yang fleksibel, bisa berpakaian kasual ke kantor, penggantian biaya pendidikan dan liburan yang full dibiayai kantor. Mereka juga didorong untuk memenangkan dana investasi sebesar 60 ribu dollar AS yang bisa digunakan untuk memulai bisnis sendiri, Career Builder yang akan membiayainya. Perusahaan yang memiliki jumlah karyawan sebanyak 1780 orang ini juga membantu orang yang belum bekerja untuk bisa magang selama 6 bulan di sana dan mendapatkan gaji.

4. Commonwealth Financial Network

Setiap karyawan IT di perusahaan jasa keuangan di kota Waltham ini diberikan kebebasan untuk berkontribusi langsung di dalam mengembangkan perusahaan. Mereka diajak untuk membangun bersama pengembangan teknologi di organisasi, mencari peluang sehingga membantu bisnis lebih berkembang melalui keahilian mereka. Untuk itu meski alur kerja di Commonwealth ini cukup tinggi, namun perusahaan selalu berusaha untuk memberikan pembagian kerja dan tunjangan kesehatan yang komprehensif serta program fasilitas yang diinginkan karyawan.

5. World Wide Technology

Perusahaan berbasis di St Louis ini menyediakan layanan teknologi di bidang supply chain. Mereka memberikan subsidi sebesar 90% untuk premi asuransi bagi karyawan IT mereka dalam 1 dekade. Bagi pekerja baru, mereka menyediakan program mentoring hingga mereka menjadi ahli dan untuk karyawan lama dan sudah berpengalaman, perusahaan menyediakan program leadership dan manajemen yang bisa membantu pengembangan karir mereka ke depan.

6. Sharp Healthcare

Rumah sakit non-profit yang terletak di wilayah San Diego ini lebih menekankan kepada empati karyawan, mereka aktif mendengarkan karyawan, menghargai prestasi yang diberikan karyawan, dan memperlakukan karyawan dengan sangat baik. Bahkan komite kerja mereka bekerja sama dengan staff IT untuk mengidentifikasi kebutuhan teknologi dan meningkatkan operasional di dalam departemen. Dengan 15 ribu karyawan yang ada, perushaaan penyedia layanan kesehatan ini memiliki turn-over yang cukup rendah yaitu 4% bagi pekerja IT.

7. Transocean

Pekerja IT di perusahaaan pengeboran minyak yang bermarkas di Houston ini bisa memulai akhir pekan mereka lebih awal. Para karyawan bekerja selama sembilan jam sehari pada hari Senin sampai Kamis dan setengah hari pada hari Jumat. Setiap tahun setiap anggota dari tim IT diberikan kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan CIO mereka melalui salah satu sessi program mereka.

8. Qualcomm

Perusahaan telekomunikasi yang berpusat di San Diego, USA ini sudah memiliki 157 cabang yang tersebar di dunia. QCIO Qualcomm, Norm Fjeldheim memberikan kesempatan kepada karyawan IT untuk mendiskusikan ide mereka dalam forum 1 bulan sekali yang diberi nama ‘Nosh with Norm’. Norm mengundang mereka untuk pertemuan makan siang kepada sekitar 12 sampai 15 orang. Qualcomm sangat mendorong karyawan IT-nya untuk meningkatkan inovasi produk mereka, untuk itu setiap tahun, perusahaan menyediakan bonus sebesar 10 ribu dollar bagi karyawan yang mampu menciptakan inovasi terbaru.

9. Genentech

Perusahaan bioteknologi ini mempunyai misi membantu orang-orang berpenyakit susah disembuhkan. Didirikan pada tahun 1976, Genentech mempersilakan karyawan IT mereka untuk membuat inovasi teknologi guna membantu pasien. Bahkan pasien boleh bertemu dengan para staff IT yang memerlukan bantuan dalam event ‘Full Spectrum IT’. Di sana mereka mendapatkan motivasi spiritual untuk membuat inovasi dan melakukan pekerjaan yang terbaik.

10. PricewaterhouseCoopers

PWC yang berbasis di New York ini menempati urutan 10. IT professional di perusahaan akunting ini selalu menjaga skill mereka tetap up-to-date dengan menjalani project berbasis cloud, program BYOD, internal social network, implementasi apps dan green computing. Top talent mereka berhak menerima bayaran yang menggiurkan, masa liburan panjang dan asuransi yang setara antara laki-laki dan wanita.

 





Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Connect with Facebook

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Terkini

Gudang Data

Event HR