THR Bagi Karyawan Kontrak | PortalHR.com

PortalHR

IDSL

Compensation & Benefit

photo

THR Bagi Karyawan Kontrak

Oleh : Wiwiek Wijanarti
Tentang Penulis
Jumat, 5 September 2008 - 3:56 WIB

Pertanyaan

Saya butuh masukan dari Ibu mengenai THR bagi staf PKWT. Saat ini saya bekerja di salah satu NGO dan peraturan kami menyatakan bahwa staf hanya mendapat THR jika masa kerjanya minimal 1 bulan sebelum hari raya. Sementara itu, banyak di antara rekan-rekan saya yang akan habis masa kontrak kerjanya pada Agustus 2008 sedangkan Lebaran jatuh awal Oktober 2008.

Pertanyaannya :

1. Jika mengacu pada Kepmen 4/94 (terutama Pasal 6 ayat 2) apakah staf yang habis masa kontraknya Agustus berhak mendapatkan THR?

2. Bagaimana dengan staf yang habis masa kontrak sebelumnya (Mei, Juni dan Juli)? Apakah bisa diterapkan sistem prorata dan dimasukkan dalam pembayaran upah akhirnya?


Hary


Jawaban

Mengacu pada Kepmen 4/1994 maka staf PKWT yang habis masa kontrak sebelum hari raya tidak mendapatkan THR. Ini berbeda dengan staf PKWTT/karyawan tetap yang jika pemutusan hubungan kerja terjadi 30 hari sebelum hari raya, berhak atas THR. Saya sarankan untuk karyawan PKWT, ketika negosiasi gaji, minta kebijakan untuk menambahkan komponen THR sebesar 1/12 dari gaji yang dibayarkan bersamaan dengan gaji setiap bulan. Pada umumnya perusahaan-perusahaan outsource membebankan THR per bulan sebesar 1/12 gaji kepada perusahaan yang memakai jasanya.


Anda dapat mengirim pertanyaan konsultasi dengan mengisi form berikut.




Komentar Terkini

Gudang Data

Event HR

idsl