Soal Hitungan Masa Kerja dan Pesangon: Kasus PHK Karyawan Restauran | PortalHR.com

PortalHR

BPJS Ketenagakerjaan

Hubungan Karyawan

photo

Soal Hitungan Masa Kerja dan Pesangon: Kasus PHK Karyawan Restauran

Oleh : Bambang Supriyanto
Tentang Penulis
Rabu, 18 Agustus 2010 - 12:08 WIB

Pertanyaan

Saya karyawan di sebuah restauran. Saya bekerja mulai 19 Agustus 2005. Awalnya hanya dikontrak 3 bulan. Dan, tidak dikontrak lagi padahal saya masih bekerja hingga Desember 2007. Pada awal Januari 2008, ada pimpinan baru masuk, dan saya dikontrak lagi, terhitung dari Januari 2008 s/d Desember 2008. Dan, mulai Januari 2009 saya dianggap karyawan tetap, sampai sekarang. Begitu saya ada permasalahan, saya di-PHK. Saya tidak terima dengan hitungan perusahaan yang membayar pesangon saya dengan hitungan masa kerja dari Januari 2009, yakni hanya 2 bulan gaji + pengganti cuti yang belum gugur + uang transport Rp 20.000. Total dibayar sebesar Rp 2.520.000. Saya belum tanda tangan. Tolong dibantu.


Achmad Amrullah


Jawaban

1. Kita ambil saja status Anda sejak Januari 2008 s/d Desember 2008 di mana Anda dalam status kontrak (perjanjian kerja waktu tertentu = PKWT), dan setelah itu seharusnya hubungan kerja putus demi hukum. Namun, oleh perusahaan langsung terus dilanjutkan dengan status hubungan kerja waktu tidak tertentu (permanen), maka hubungan kerja harus dipandang sebagai dimulai sejak Januari 2008. Lihat KUH Perdata Pasal 1603.i.bis.

2. Anda berhak untuk menolak pesangon tersebut. Untuk itu sesuai dengan Undang-Undang, maka harus diadakan perundingan bipartit (dua pihak) antara Anda dan pengusaha. Bila perundingan tersebut gagal mencapai sepakat, kasusnya dilanjutkan ke Mediasi. Bila Mediasi juga gagal mencapai kesepakatan, salah satu pihak dapat mengajukan gugatan ke Pengadilan Hubungan Industrial.

3. Sesuai dengan prosedur dalam butir 2, PHK akan sah bila semua proses sudah dilaksanakan dan telah ada putusan pengadilan. Bila langkah-langkah tersebut tidak dilakukan, dan perusahaan memaksa melakukan PHK, maka PHK batal demi hukum.

Category: Product #: Regular price:$ (Sale ends ) Available from: Condition: Good ! Order now!
Reviewed by on. Rating:


Anda dapat mengirim pertanyaan konsultasi dengan mengisi form berikut.




BPJS Ketenagakerjaan

Komentar Terkini

Gudang Data

Event HR