PortalHR

IDSL

Klinik HR Praktis

photo

Perusahaan Dijual, Bisakah Masa Kerja Karyawan Dinolkan?

Oleh : Bambang Supriyanto
Tentang Penulis
Senin, 19 Oktober 2009 - 3:49 WIB

Pertanyaan

Perusahaan tempat saya bekerja sudah dijual, dan kami minta kepada pemilik baru supaya masa kerja kami di-reset nol. Apakah ada UU yang mengatur mengenai permintaan me-reset masa kerja? Kalau tidak ada, apa yang harus kami perbuat untuk permintaan tersebut supaya berhasil karena pemilik baru tidak mau memberikan sebuah kompensasi sebesar 2 PMTK seperti yang kami minta sesuai pen-zero-an masa kerja kami itu.


Hilbi Salim


Jawaban

Dalam suatu keadaan di mana perusahaan dijual ke perusahaan lain, UU Ketenagakerjaan tidak mengatur atau pun mewajibkan perusahaan baik yang mengakuisisi maupun yang terakuisisi untuk membayar pesangon dan me-reset masa kerja mulai dari nol di perusahaan baru.

Membayar pesangon jelas menyangkut penyediaan dana yang tidak sedikit bagi perusahaan. Penyediaan dana dalam jumlah besar secara sekaligus berpengaruh pada cash flow perusahaan. Dalam hal perusahaan mempunyai dana, tentu perusahaan cenderung menggunakan dana untuk investasi yang lebih produktif. Berangkat dari keadaan yang demikian, akan sulit untuk "mendesak" perusahaan untuk me-reset masa kerja.


Anda dapat mengirim pertanyaan konsultasi dengan mengisi form berikut.




Komentar Terkini

Gudang Data

Event HR