PortalHR

Idul Fitri

Hubungan Karyawan

photo

Mutasi ke Tempat Yang Tidak Diinginkan

Oleh : Bambang Supriyanto
Tentang Penulis
Rabu, 13 Oktober 2010 - 1:46 WIB

Pertanyaan

Yang terhormat Bapak Bambang Supriyanto,

Saya seorang karyawan tetap bekerja mulai januari 2006,saat ini saya mempunyai masalah perusahaan mau memutasi saya ke daerah Kalimantan dan tentunya saya menolak karena situasi isteri sedang hamil tua. Perlu Bapak ketahui perusahaan tempat saya bekerja selalu melakukan hal seperti itu kepada karyawan yg sudah tidak diinginkan dengan harapan karyawan tersebut mengundurkan diri. Perusahaan tidak mau PHK karena tidak mau keluar uang pesangon.

Mohon bantuannya pak, apa yg harus saya lakukan...saya tidak mau pengabdian saya sia sia tanpa mendapatkan pesangon.

Terima kasih..


Ronny


Jawaban

Jawaban,

Pada kasus-kasus mutasi pekerja, memang Pengusaha berada pada posisi yang lebih kuat dibandingkan dengan pekerja. Adalah hak Pengusaha untuk menempatkan Pekerja di daerah operasi perusahaan berdasarkan alasan keperluan operasional.

Jujur saja, keberatan anda apakah karena dipindahkan ke Kalimantan (A), ataukah dipindahkan ke Kalimantan pada saat isteri sedang hamil tua (B) ?
Bila keberatan anda karena B, anda bisa meminta kebijaksanaan Perusahaan untuk menunda mutasi anda ke Kalimantan setelah isteri melahirkan. Namun kalau sejatinya keberatan anda adalah karena A, anda pada posisi lemah.


Anda dapat mengirim pertanyaan konsultasi dengan mengisi form berikut.




Komentar Terkini

Gudang Data

Event HR