Apakah Penempatan Karyawan Mempengaruhi Kinerja? | PortalHR.com

PortalHR

BPJS Ketenagakerjaan

HR Strategis

photo

Apakah Penempatan Karyawan Mempengaruhi Kinerja?

Oleh : Rizki Nugroho FA MM
Tentang Penulis
Rabu, 6 Juni 2012 - 9:15 WIB

Pertanyaan

Apakah penempatan karyawan dapat mempengarugi kinerja dari karyawan?  


Cindya Vitarani


Jawaban

Dear Mba Cindya,

Mudah-mudahan membantu, pertama yang saya mau konfirmasi yang dimaksud “penempatan karyawan”? apakah yang dimaksud “placement” atau penempatan awal karyawan setelah proses rekrutmen selesai atau penempatan karyawan dikarenakan oleh “job rotation” atau mutasi / rotasi atas bidang kerja karyawan?

Apapun maksud dan definisinya, menurut saya, pada intinya “penempatan karyawan” haruslah dipertimbangkan beberapa hal berikut penempatan karyawan disesuaikan denganĀ minat (passion), bakat (potential), keahlian dan pengetahuan (skill+knowledge = competency).

Dengan kata lain, jika manajemen perusahaan memutuskan melakukan penempatan karyawan dengan tidak mempertimbangkan hal tersebut maka secara perlahan/tidak langsung dapat berdampak penurunan kinerja. Tapi perlu diingat juga, bahwa penempatan karyawan dapat bertujuan pengembangan karyawan jika manajemen yakin bahwa karyawan tersebut mempunyai potensi untuk dikembangkan.

Walau tidak dibenarkan, namun dalam kasus tertentu, manajemen perusahaan melakukan penempatan karyawan pada posisi tertentu dengan tujuan untuk “mambatasi kewenangan atau pengaruh” jika karyawan yang bersangkutan disinyalir mempunyai pengaruh buruk atau track record yang dapat membahayakan perusahaan.

Mudah-mudahan penjelasan yang cukup dipahami dan bermanfaat. Terima kasih

green energy
zp8497586rq
Category: Product #: Regular price:$ (Sale ends ) Available from: Condition: Good ! Order now!
Reviewed by on. Rating:


Anda dapat mengirim pertanyaan konsultasi dengan mengisi form berikut.




HR Summit

Komentar Terkini

Gudang Data

Event HR