Skorsing Karyawan Bermasalah | PortalHR.com

PortalHR

IDSL

Hubungan Karyawan

photo

Skorsing Karyawan Bermasalah

Oleh : Bambang Supriyanto
Tentang Penulis
Senin, 7 November 2011 - 3:08 WIB

Pertanyaan

Berkaitan dengan skorsing karyawan bermasalah:

1. Apakah ada jangka waktu paling lama skorsing dijalankan? Apakah bila melewati jangka waktu tsb karyawan otomatis skorsing gugur dan menjadi pegawai kembali atau sebaliknya sanksi menjadi lebih berat?

2. Pada saat skorsing dijalankan berapa besar upah yang diterima oleh karyawan tsb? Apakah Gaji Pokok dan tunjangan lain yang sebelumnya diterima?

3. Apakah upah yang diterima akan menurun secara bertahap? Mengingat pendalaman kasus masih perlu waktu.

Demikian terima kasih atas perhatiannya.


Maryani


Jawaban

Jawaban:

Kata “skorsing” tidak tercantum dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan. Namun undang-undang tersebut pada pasal 155 ayat (2) dan (3) mengatur yang pada pokoknya adalah bahwa selama masa proses PHK hingga ada putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap, perusahaan dapat “merumahkan”/melakukan skorsing pekerja namun pekerja berhak atas penghasilan sebagaimana biasanya.

Jawaban tersebut sudah menjawab semua hal yang ditanyakan termasuk bahwa tidak ada penurunan upah secara bertahap sejak bulan pertama skorsing diberlakukan hingga adanya putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap. Berakhirnya skorsing adalah setelah ada putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap dimana pihak ybs (pekerja atau pengusaha) wajib melaksanakan amar (perintah) putusan pengadilan.


Anda dapat mengirim pertanyaan konsultasi dengan mengisi form berikut.




Komentar Terkini

Gudang Data

Event HR

idsl