PHK Massal tanpa Pesangon | PortalHR.com

PortalHR

BPJS Ketenagakerjaan

Hubungan Karyawan

photo

PHK Massal tanpa Pesangon

Oleh : Bambang Supriyanto
Tentang Penulis
Senin, 30 Juli 2012 - 6:02 WIB

Pertanyaan

Saat ini perusahaan tempat saya bekerja tidak lagi melakukan kontrak kerja dengan kliennya sehingga perusahaan itu melakukan PHK massal, dan tidak bersedia menerima pekerja di perusahaannya dengan alasan apapun. Dan perusahaan ini tidak membayar ganti rugi atau pesangon kepada karyawan yang di-PHK. Bagaimana menyikapi hal ini? Mohon petunjuknya.


ny Emik


Jawaban

Jawaban dan penjelasan atas kasus Anda sebagai berikut:

1.     PHK yang terjadi di perusahaan tempat Anda bekerja termasuk jenis PHK yang mewajibkan perusahaan harus memberikan pembayaran kepada pekerja terPHK pembayaran-pembayaran: Uang Pesangon, Uang Penghargaan Masa Kerja, dan Uang Penggantian Hak. Hal ini diatur dalam Pasal 156 ayat (2), (3), dan (4), UU No 13 tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan.

2.     Sehubungan dengan sikap perusahaan yang tidak bersedia memberikan pembayaran apapun terkait dengan PHK tersebut, Anda (dan teman-teman Anda yang mengalami hal yang sama) dapat mengadukan kasus ini ke Disnakertrans setempat bagian Pengawasan. Atas pengaduan Anda, Disnakertrans akan memanggil petugas perusahaan untuk dimintai keterangan. Lebih jauh lagi kalau Disnakertrans menyatakan bahwa perusahaan benar, Anda dapat mengajukan gugatan ke Pengadilan Hubungan Industrial. Ada proses penyelesaian perselisihan hubungan industrial yang diatur dalam UU No 2 tahun 2004, yang tidak mungkin saya uraikan di sini karena akan cukup panjang. Proses tersebut dapat Anda tanyakan di Disnakertrans setempat.

Semoga Anda berhasil untuk mendapatkan hak-hak Anda sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Category: Product #: Regular price:$ (Sale ends ) Available from: Condition: Good ! Order now!
Reviewed by on. Rating:


Anda dapat mengirim pertanyaan konsultasi dengan mengisi form berikut.




HR Summit

Komentar Terkini

Gudang Data

Event HR