Hak Cuti Karyawan | PortalHR.com

PortalHR

IDSL

Hubungan Karyawan

photo

Hak Cuti Karyawan

Oleh : Wiwiek Wijanarti
Tentang Penulis
Jumat, 21 Oktober 2011 - 11:22 WIB

Pertanyaan

Kepada admin PortalHR di tempat,

Saya ucapkan terima kasih untuk pengelola PortalHR yang membuka kesempatan kepada kami untuk mendapatkan informasi yang berhubungan dengan ketenagakerjaan.

Sebelumnya saya perkenalkan diri dulu, saya adalah Accounting & GA Manager di sebuah perusahaan PMA di Jakarta. Dikarenakan perusahaan kami baru berdiri dan jumlah karyawannya hanya 16 orang, perusahaan kami tidak mempunyai divisi khusus untuk HRD. Semua hal yang berhubungan dengan HR menjadi tanggung jawab divisi Accounting & GA yang saya pimpin.

Latar belakang pengalaman saya adalah sebagai Accountant, sehingga banyak hal yang berhubungan dengan HR yang masih harus saya pelajari. Adanya website PortalHR terus terang cukup membantu saya untuk mendapatkan informasi yang berhubungan dengan HR.

Selanjutnya saya ingin menanyakan mengenai hak cuti karyawan. Berdasarkan UU No. 13 dan peraturan perusahaan kami, setelah karyawan bekerja 1 tahun maka karyawan berhak atas cuti 12 hari.

Yang menjadi pertanyaan saya :

1. bagaimana ketentuannya apabila karyawan ingin mengambil cuti tahunan padahal masa kerjanya masih kurang dari 1 tahun.

2. Misalkan ada kasus seperti ini :

- karyawan mulai bekerja tgl 1 April 2010.

- selama periode 1 April 2010 s/d 31 Maret 2011 karyawan telah mengambil cuti 12 hari

- selama period 1 April 2011 s/d 30 September 2011 karyawan telah mengambil cuti 5 hari.

- Karyawan bermaksud mengundurkan diri akhir Oktober 2011.

Pada waktu perhitungan hak cuti yang belum diambil, berapa hari sisa cuti yang akan dihitung oleh perusahaan? Apakah 2 hari karena hak cuti hanya dihitung 7 hari sampai dengan akhir Oktober 2011 (pro rata basis), atau 7 hari karena hak cuti dihitung penuh 12 hari. Mohon penjelasannya atas masalah ini. Atas supportnya saya ucapkan terima kasih.


Nova


Jawaban

Jawab:

Perusahaan berwenang untuk menolak permintaan cuti dari karyawan yang belum genap 1 tahun bekerja. Apabila perusahaan bersedia memberikan ijin, maka disebut sebagai “cuti di luar tanggungan” dan perusahaan dapat memotong gaji karyawan tersebut secara pro rata sesuai dengan jumlah ketidakhadirannya.

Pada UU no. 13/2003 Pasal 93 ayat 1 disebutkan bahwa:”Upah tidak dibayar apabila pekerja/buruh tidak melakukan pekerjaan”

Untuk kasus kedua: karyawan yang mulai bekerja tanggal 1 April 2010, maka:Hak cuti periode 1 April 10 s/d 31 Maret 2011 = 12 hari kerja (dapat diambil mulai 1 April 2011) – sudah diambil semuaHak cuti periode 1 April 2011 s/d pengunduran diri 31 Oktobet 2012  = 7 hari kerja  (pro rata) – diambil 5, sisa 2 hari.

Catatan, seharusnya periode cuti 1 April 2011 s/d 31 Maret 2012 baru dapat diambil nanti pada 1 April 2012, namun dalam hal ini perusahaan berbaik hati dengan memberikan cuti sebelum waktu jatuh tempo cuti.   Demikian disampaikan, semoga bermanfaat


Anda dapat mengirim pertanyaan konsultasi dengan mengisi form berikut.




Komentar Terkini

Gudang Data

Event HR

idsl