Standar Baku Grade Karyawan Hotel

Industri perhotelan adalah industri yang menekankan pada jasa kenyamanan, yang hanya dapat dirasakan “kehangatannya” oleh konsumen, karena itu industri perhotelan termasuk dalam hospitality industry.

Untuk menunjang tercapainya kepuasan konsumen, tentunya memerlukan peranan yang maksimal dari modal manusia yang dimiliki, seperti disebutkan dalam pertanyaan sebenarnya merupakan jenis-jenis pekerjaan yang tanpa disadari memiliki hubungan langsung kepada konsumen. Misalnya staf housekeeping, yang memiliki tugas untuk memastikan ruangan kamar hotel bersih, dan layak inap dan konsumen merasa nyaman berada di dalam ruangan kamar hotel. Meski demikian staf lainnya misalnya staf front office juga memiliki peranan penting, terutama dalam hal pemberian informasi yang diperlukan oleh konsumen yang ditunjang juga dengan keramahan yang ditunjukkan oleh staf front office sebagai representasi dari budaya yang diterapkan dalam industri perhotelan. Karena dianggap bahwa pekerjaan-pekerjaan yang ada di industri perhotelan penting, sehingga mungkin akan menimbulkan pertanyaan manakah jenis pekerjaan yang lebih utama dibanding lainnya. Pertanyaan ini bisa diselesaikan dengan melakukan job grading.

Job grading system atau sistem penilaian pekerjaan yang bisa diterapkan di dalam industri perhotelan bisa dengan metode sederhana seperti berikut ini;

a. Jenis keempat pekerjaan dapat diklasifikasikan sebagai jenis pekerjaan operasional, dan grading dapat dimulai dengan membuat urutan (dari nomor satu dan seterusnya), dimana nomor satu adalah jenis pekerjaan yang tidak memerlukan kompetensi dan keahlian khusus, atau dapat dilakukan oleh semua orang, misalnya staf housekeeping, kemudian berlanjut hingga pada jenis pekerjaan yang memerlukan kompetensi dan keahlian khusus.

b. Berdasarkan urutan tadi, sebenarnya juga bisa ditambahkan dengan informasi latar belakang pendidikan yang dipersyaratkan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tersebut, idealnya grade yang paling pertama (atau yang terendah) adalah jenis pekerjaan yang mensyaratkan pendidikan sekolah menengah, misalnya cukup berlatar pendidikan SMK Pariwisata untuk staf housekeeping.

c. Untuk pekerjaan yang berhubungan dengan manajemen hotel, perlu diberikan kode khusus, misalnya M1 dan seterusnya. Tujuannya adalah untuk membedakan antara pekerjaan yang sifatnya manajerial dan operasional.

Demikian pandangan mengenai standar baku grading karyawan hotel.

 

Category: Product #: Regular price:$ (Sale ends ) Available from: Condition: Good ! Order now!
Reviewed by on. Rating:
Tulisan ini dipublikasikan di Compensation & Benefit dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>