Sistem Grading & Penggajian | PortalHR.com

PortalHR

BPJS Ketenagakerjaan

Compensation & Benefit

photo

Sistem Grading & Penggajian

Oleh : Josephine Regina
Tentang Penulis
Senin, 25 Maret 2013 - 11:07 WIB

Pertanyaan

Selamat siang, Perkenalkan saya Dimas, jika dimungkinkan saya ingin mengetahui sistem Grading dalam suatu perusahaan (jasa layanan IT) dengan struktur organisasi yang masih sederhana (Dirut, Dir Keu, Dir Tehnis & Operasional serta Dir Pemasaran), berikut sistem penggajian serta bonus/fee khususnya bagi tim marketing/sales kami. Demikian saya sampaikan. Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih. Hormat saya,


Dimas


Jawaban

Dear Dimas, saya akan coba membantu menjawab pertanyaan Anda (berdasarkan informasi yang Anda berikan) tentang Sistem Grading dalam suatu perusahaan (jasa layanan IT) dengan struktur organisasi yang masih sederhana (Dirut, Dir Keu, Dir Tehnis & Operasional serta Dir Pemasaran).

Sistem grading dapat disusun melalui evaluasi perbandingan atas bobot pekerjaan.

Sebagai saran untuk dapat menjaga konsistensi atas evaluasi perbandingan bobot pekerjaan maka harus dibuat suatu standard kriteria.

Biasanya suatu pekerjaan di dalam perusahaan akan dituangkan ke dalam format “job deskripsi” yang isinya dapat berupa penjelasan tujuan pekerjaan tersebut ada terhadap perusahaan dan rincian atas dampak pekerjaan ke dalam perusahaan yang terkait ke dalam bisnis perusahaan (impat to business), dampak terhadap customer/stakeholder (impact to customer/stakeholder), dampak terhadap kepemimpinan (impact to Leadership) dan dampak terhadap resiko (impact to Risk), kemudian perlu juga untuk mempertimbangkan span of control dan minimum atas keahlian, pendidikan dan pengalaman kerja yang dibutuhkan

Dari rincian job description yang dibuat berdasarkan standar format maka barulah perushaan dapat melakukan evaluasi terhadap bobot pekerjaan dan menentukan grading di dalam perusahaan.

Sebaiknya yang tertinggi memiliki grading yang dimulai dari urutan angka terkecil, misalnya President Direktur dapat dimulai dengan grading 1 (satu) dengan pertimbangan bobot dan kompleksitas pekerjaan yang lebih besar terhadap pekerjaan lainnya yang ada dan selanjutnya direktur Keu, Direktur operasional dan direktur pemasaran dengan grading 2 kembali tergantung dari evaluasi terhadap pembobotan pekerjaan.

Perlu diperhatikan juga agar dalam melalukan evaluasi pembobotan pekerjaan, sebaiknya dilakukan melalui satu komite dan bukan atas keputusan satu orang saja untuk menjaga unsur objectivitas atas penilaian dan mendapatkan persetujuan dari Dewan Direktur sebagai suatu kesepakatan bersama atas grading yang telah ditetapkan ke dalam masing-masing pekerjaan dari hasil evaluasi diterima menjadi suatu kebijakan perusahaan dan bahwa dapat dilakukan evaluasi ulang apabila suatu pekerjaan tersebut terjadi suatu perubahan yaitu adanya penambahan atau pengurangan bobot pekerjaan.

Dikarenakan proses penentuan grading (job evaluasi) adalah suatu proses yang berkelanjutan maka perlu untuk menjaga historical dan audit trail sebagai dasar untuk melakukan proses berikutnya.

Berikut sebagai contoh, sistem penggajian serta bonus/fee khususnya bagi tim marketing/sales pada suatu perusahaan:

Sistem penggajian umumnya dapat berdasarkan perbandingan terhadap market external dikarenakan dalam proses penggajian salah satunya adalah akan selalu berkaitan dengan proses hiring dan competitiveness perusahaan untuk memberikan reward kepada karyawannya yang biasanya dituangkan di dalam reward strategy.

Untuk bonus/fee lebih kepada pertimbangan perusahaan terhadap laba perusahaan atas pencapaian target perusahaan secara keseluruhan yang didapat untuk dibagikan kepada karyawan yang memberikan kinerja sesuai dengan yang telah disepakati berdasarkan suatu kriteria yang telah ditetapkan oleh perusahaan pada awal target tersebut dibuat.

Bagi posisi sales atau marketing biasanya target yang dibuat akan lebih mudah untuk dikaitkan dengan pencapaian atas target financial perusahaan.

Semoga dapat membantu.

 

*) Josephine Regina adalah HR Performance and Reward Head di industri perbankan lokal.

 

Category: Product #: Regular price:$ (Sale ends ) Available from: Condition: Good ! Order now!
Reviewed by on. Rating:


Anda dapat mengirim pertanyaan konsultasi dengan mengisi form berikut.




BPJS Ketenagakerjaan

Komentar Terkini

Gudang Data

Event HR