Pesangon untuk Karyawan Pensiun | PortalHR.com

PortalHR

BPJS Ketenagakerjaan

Compensation & Benefit

photo

Pesangon untuk Karyawan Pensiun

Oleh : Josephine Regina
Tentang Penulis
Senin, 20 Mei 2013 - 3:54 WIB

Pertanyaan

Karyawan saya ada yang sudah memasuki usia pensiun (55 tahun) bulan April 2012. Apakah perusahaan wajib memberikan uang pesangon buat karyawan tersebut? Bila dikaitkan dengan UU No. 13 tahun 2003 pasal 167 (pengusaha dapat melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap pekerja/buruh karena memasuki usia pensiun dan apabila perusahaan telah mengikutkan pekerja/buruh pada program pensiun yang iurannya dibayar penuh oleh pengusaha, maka pekerja/buruh tidak berhak mendapatkan uang pesangon sesuai ketentuan pasal 156 ayat 2 , uang penghargaan masa kerja sesuai ketentuan pasal 156 ayat 3 tetapi tetap berhak atas uang penggantian hak sesuai dengan ketentuan pasal 156 ayat 4. Perusahaan sudah membayar jamsostek dimana ada program JHT, apakah berarti karyawan tersebut sudah tidak berhak lagi mendapatkan pesangon? Bila jawabannya pesangon itu wajib dibayar oleh perusahaan walaupun sudah ada Jamsostek, apakah landasan hukumnya apa bila perusahaan tidak mau membayar? Terima kasih


Novita


Jawaban

Dear Novita,

Pembayaran uang pesangon sesuai dengan UU no. 13/2003 adalah wajib. Program pensiun adalah berbeda dengan program JHT dari Jamsostek. Program pensiun diatur di dalam UU mengenai Dana Pensiun.

Terkait dengan pembayaran iuran JHT terhadap uang pesangon mungkin dapat mengacu berdasarkan UU no. 13/2003 pasal 167 ayat 6 tertera bahwa hak atas manfaat pensiun sebagaimana yang diatur dalam ayat (1), ayat (2), ayat (3), dan ayat (4) tidak menghilangkan hak pekerja/ buruh atas jaminan hari tua yan

easy way to stop smoking

g bersifat wajib sesuai dengan peraturan perundang- undangan yang berlaku.

Sehingga perusahaan wajib untuk membayarkan uang pesangon berdasarkan UU no. 13/2003 dan JHT tidak dapat diperhitungkan terhadap uang pesangon.

Untuk lebih jelasnya terhadap kaitan dengan peraturan perundang-undangan dan petunjuk pelaksanaannya, sebaiknya dapat dikonsultasikan dengan HR IR.

Semoga penjelasannya dapat membantu.

*) Josephine Regina adalah HR Performance and Reward Head di industri perbankan lokal.

zp8497586rq


Anda dapat mengirim pertanyaan konsultasi dengan mengisi form berikut.




HR Summit

Komentar Terkini

Gudang Data

Event HR