Pensiun Dini | PortalHR.com

PortalHR

IDSL

Compensation & Benefit

photo

Pensiun Dini

Oleh : Bambang Supriyanto
Tentang Penulis
Senin, 29 Oktober 2012 - 10:33 WIB

Pertanyaan

Selamat siang Pak Bambang, saya karyawati sebuah perusahaan swasta dengan masa kerja 28 tahun, usia saya saat ini 47 tahun. Dengan masa kerja yang sudah sangat lama tersebut saya sudah merasa sangat jenuh dan bosan. Saya berniat akan mengajukan Pensiun Dini, karena saya ingin membuka usaha sendiri. Bagaimanakah perhitungan pesangon yang akan saya dapatkan, menurut Undang-undang yang berlaku. Mohon penjelasannya ya Pak. Dan bagaimanakah proses yang harus saya lalui agar pengajuan saya bisa dipenuhi. Makasih banyak Pak.


Aristina


Jawaban

Jawaban:

1.     Peraturan perundangan-undangan Ketenagakerjaan tidak mengatur tentang bisa atau tidaknya pekerja mengambil pensiun dini, juga tidak mengatur usia untuk pensiun normal.

2.     Mengenai pensiun dini, dan usia pensiun normal diatur oleh perusahaan di Peraturan Perusahaan (PP) atau Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

3.     Bila pada PP atau PKB ada diatur tentang pensiun dini, maka pelaksanaan pensiun dini dilakukan sesuai dengan ketentuan dalam PP dan PKB.

4.     Apabila pensiun dini diatur dalam PP atau PKB, adakah diatur bahwa pekerja harus mengajukan permohonan pensiun dini kepada perusahaan ? apakah diperlukan persetujuan perusahaan atau tidak untuk pekerja yang akan mengambil pensiun dini ?

5.     Bila pensiun dini tidak diatur dalam PP atau PKB, perusahaan berhak untuk menyetujui atau tidak menyetujui pekerja minta dilaksanakan pensiun dini.

6.     Berdasarkan UU No 13 tahun 2003, pasal 156 ayat (2), (3), dan (4), dan Pasal 167 seorang pekerja yang melakukan/dilakukan PHK bukan karena kesalahan pekerja, misalnya karena pensiun normal atau pensiun dini, pembayaran yang akan diterima, dalam kasus anda (masa kerja 28 tahun) sbb:

a.     Uang Pesangon (UP), 9X2X Upah bulanan

b.    Uang Penghargaan Masa Kerja (UPMK), 10X upah bulanan

c.     Uang Penggantian Hak (Uang perumahan dan Biaya kesehatan), 15% kali jumlah a+b di atas.

d.    Uang penggantian Hak (hari cuti yang belum diambil dan biaya pemulangan ke tempat asal, bila ada)

7.     Terkait dengan Pasal 167, UU 13 tahun 2003, saya asumsikan di perusahaan tempat anda bekerja tidak dilaksanakan Program Pensiun di mana perusahaan dan/atau pekerja setiap bulan membayar iuran untuk Program Pensiun.


Anda dapat mengirim pertanyaan konsultasi dengan mengisi form berikut.




Komentar Terkini

Gudang Data

Event HR

idsl