Penghitungan Pesangon Pensiun | PortalHR.com

PortalHR

BPJS Ketenagakerjaan

Compensation & Benefit

photo

Penghitungan Pesangon Pensiun

Oleh : Bambang Supriyanto
Tentang Penulis
Senin, 10 Oktober 2011 - 10:59 WIB

Pertanyaan

Bpk Bambang Supriyanto yth, Maaf sebelumnya bahwa pertanyaan saya sangat singkat saja perihal pesangon karyawan dari perusahaan swasta yang berkaitan dengan usia yang memang sudah waktunya pensiun. Yang menjadi pertanyaan saya pak Bambang. saya sudah bekerja selama 17 th dan saya saat sekarang berusia 57 th, dan menurut pihak HRD dan management perusahaan sudah harus berhenti bekerja. Karena saya merasa fisik dan kesehatan masih mampu saya mohon kalau bisa diperpanjang kurang lebih 2 th lagi berkaitan dengan masa studi anak yang no 2 belum selesiai. Dari keputusan manajemen permohonan saya ditolak dan harus menerima phk karena sesuai usia. Dengan berbagai proses dan perhitungan uang pesangon saya sebesar 27,6 kali gaji. Karena saya tidak mengetahui secara pasti perhitungan uang pesangon di perusahaan swasta yang sudah mengikuti aturan Depnaker, maka yang menjadi pertanyaan saya adalah : Benarkah pesangon saya sebesar 27,6 kali gaji dan tidak ada tambahan lain2? Yang menjadi tanda tanya saya adalah pertanyaan dari teman2 yang katanya kok pesangonnya kecil sekali. Saya sendiri juga tidak mengetahui tepatnya berapa kali gaji. Bpk Bambang Supriyanto, demikianlah pertanyaan dan sekaligus uneg2 saya. Atas perhatian dan bantuan informasinya saya ucapkan banyak terima kasih.


Eko


Jawaban

Jawaban:

1. Pembayaran akhir bagi pekerja yang di PHK karena mencapai usia pensiun, terdiri atas Uang Pesangon (UP), Uang Penghargaan Masa Kerja (UPMK), dan Uang Panggantian Hak (UPH).

2. Untuk masa kerja 17 tahun, UP sebesar 18 bulan upah; UPMK 6 bulan upah; dan UPH 15% kali jumlah UP tambah UPMK = 3,6 bulan upah.

3. Total pembayaran akhir merupakan penjumlahan dari 3 komponen tersebut 18+6+3,6= 27,6 bulan upah sudah betul, berdasarkan pada Pasal 156 ayat (2), (3), dan (4) UU No 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

4. Untuk informasi, UPH 15% merupakan penggantian perumahan serta pengobatan dan perawatan.

5. Selain 3 komponen dalam pembayaran akhir tersebut di atas,  Pekerja juga berhak atas penggatian/kompensasi  cuti tahunan yang belum diambil dan belum gugur (bila ada), dan biaya atau ongkos pulang untuk pekerja dan keluarganya ketempat dimana pekerja diterima bekerja (bila ada aturannya di Peraturan Perusahaan).

6. Hak Pekerja yang lain adalah pembayaran atas semua jumlah Jaminan Hari Tua (JHT) dari Program Jamsostek yang selama ini dilakukan iurannya. Perusahaan akan membantu mengurus pembayaran JHT tersebut.

Category: Product #: Regular price:$ (Sale ends ) Available from: Condition: Good ! Order now!
Reviewed by on. Rating:


Anda dapat mengirim pertanyaan konsultasi dengan mengisi form berikut.




BPJS Ketenagakerjaan

Komentar Terkini

Gudang Data

Event HR