PortalHR

Idul Fitri

Compensation & Benefit

photo

Penghitungan Cuti Tahunan

Oleh : Wiwiek Wijanarti
Tentang Penulis
Senin, 8 Oktober 2012 - 9:43 WIB

Pertanyaan

- Masih kebingungan menghitung cuti tahunan jika masa akhir pengambilan cuti ingin disamakan pada akhir tahun. - Pengaturan/penghitungan waktu habis kontrak karyawan yang benar bagaimana jika karyawan masuk tanggal 02 Februari 2012 kontrak selama 6(enam) bulan? Terima kasih  


Ami


Jawaban

Salam,

Untuk penghitungan cuti, pada prinsipnya karyawan mendapatkan hak cuti 12 hari kerja setelah genap 1 tahun bekerja.

Apabila Anda ingin memunculkan hak cuti pada setiap awal tahun/bulan Januari, maka untuk karyawan yang belum genap 1 tahun bekerja, hak cutinya dihitung proporsional.
Berikut saya sampaikan ilustrasi cara menghitung:

- Karyawan A mulai bekerja 1 Januari 2011, maka Januari  2012 dia mendapatkan cuti 12 hari kerja,

- Karyawan B mulai bekerja 1 Juli 2011, maka Januari 2012 dia mendapatkan hak cuti 6 hari kerja, selanjutnya pada Januari 2013 dia mendapatkan cuti 12 hari kerja

Untuk karyawan yang memulai kerja di pertengahan bulan maka kebijakan cuti diserahkan pada perusahaan, yang umum berlaku adalah hingga tanggal 7, karyawan masih mendapatkan cuti 1 hari kerja. Sebagai ilustrasi:

Karyawan C mulai bekerja 3 Agustus 2011, maka Januari 2012 dia mendapatkan cuti 5 hari kerja.

Karyawan D mulai bekerja 12 Agustus 2011, maka Januari 2012 dia mendapatkan cuti 4 hari kerja.

Penghitungan cuti dengan sistem cut off pada bulan Januari terkesan menguntungkan karyawan baru, karena ybs belum genap 1 tahun bekerja sudah mendapatkan cuti seperti karyawan B, C atau D mereka bisa cuti lebih cepat dengan jumlah cuti yang tetap mengacu pada peraturan/proporsional.  Namun demikian sistem cut off ini akan meringankan pekerjaan administrasi karena tidak perlu membuat catatan tersendiri untuk menghitung tanggal jatuh tempo cuti untuk setiap karyawan.

Mengenai penghitungan waktu habis kontrak karyawan, bisa dihitung dengan cara yang rigid/rumit dengan: tanggal masuk + 180 hari (rata-rata 1 bulan =30 hari) atau diambil mudahnya saja, tanggal 2 Februari 2012 mulai kontrak dan berakhir 6 bulan kemudian 31 Juli 2012, dengan catatan gaji bulan Februari 2012 dihitung pro rata, dikurangi 1 hari kerja karena ybs. baru mulai kerja 2 Februari 2012.

 


Anda dapat mengirim pertanyaan konsultasi dengan mengisi form berikut.




Komentar Terkini

Gudang Data

Event HR