PortalHR

Idul Fitri

Compensation & Benefit

photo

Mengundurkan Diri pada Pertengahan Bulan

Oleh : David Tampubolon
Tentang Penulis
Senin, 11 Maret 2013 - 10:08 WIB

Pertanyaan

Saya melakukan pengunduran diri pada perusahaan yang saat ini saya bekerja. Saya telah melakukan pemberitahuan 1 bulan sebelumnya kepada perusahaan. Masa kerja saya selesai pada tanggal 10 februari 2013, tanggal 11 februari 2013 efektif tidak bekerja lagi. Pertanyaan saya, apakah gaji saya dibayar penuh 1 bulan atau dihitung prorata?Seandainya prorata bagaimana cara penghitungannya? Karena hal ini tidak tercantum di KKB.   Terima kasih.  


Habib Ashshiddiqy


Jawaban

Dear Pak Habib Ashshiddiqy,

Kami akan coba menjelaskannya dengan memberikan contoh 2 (dua) simulasi perhitungan prorata kepada Bapak, kecuali perusahaan Bapak memberikan perhitungan lebih baik dari prorata yaitu Pembayaran gaji penuh 1 bulan (Full Payment) sehingga Bapak tidak perlu lagi simulasi perhitungan prorata di bawah ini. Karena pada umumnya perusahaan akan melakukan perhitungan prorata untuk kondisi seperti yang Bapak alami saat ini.

Sesuai informasi dari Pak Habib, hal ini tidak diatur dalam KKB di tempat Bapak. Jadi apabila dimungkinkan, Bapak bisa menanyakan langsung ke bagian penggajian (payroll), khususnya mengenai tanggal cut off penggajian Bapak supaya mendapatkan kepastian. Sehingga, kami akan menentukan tanggal cut off untuk pembayaran penggajian Pak Habib, dalam 2 (dua) simulasi di bawah ini, kami  tanggal cut off yang paling umum digunakan oleh perusahaan yaitu di akhir bulan dan tanggal 25 dari bulan sebelumnya.

Untuk simulasi tanggal cut off di akhir bulan, maka perhitungan prorata dimulai dari tanggal 1 Februari 2013. Sehingga simulasi perhitungan prorata sampai tanggal efektif Bapak bekerja terakhir yaitu tanggal 10 Februari 2013. Totalnya berjumlah 10 hari. Walaupun tanggal 10 Februari 2013 merupakan hari minggu dan hari libur nasional, namun hal ini tetap diperhitungkan sebagai bagian dari perhitungan prorata karena merupakan tanggal efektif terakhir Bapak bekerja sesuai dengan surat pengunduran diri yang Bapak tanda tangani dan sudah disetujui oleh perusahaan. Kemudian total jumlah tersebut dibagi jumlah hari dalam kalender pada bulan Februari 2013 baru dikali gaji Bapak. Jadi rumusnya adalah 10/28 x Gaji.

Sedangkan untuk tanggal cut off penggajian pada tanggal 25 dari bulan Januari 2013, maka perhitungan proratanya dimulai dari tanggal 26 Januari 2013 sampai tanggal efektif Bapak bekerja terakhir yaitu tanggal 10 Februari 2013. Totalnya berjumlah 16 hari. Kemudian total jumlah tersebut dibagi 30 baru dikali gaji Bapak. Umumnya perusahaan yang menerapkan tanggal cut off penggajian dari tanggal 26 bulan sebelumnya sampai dengan tanggal 25 pada bulan bersangkutan menggunakan faktor pembagi 30 sama rata di tiap bulannya dengan tidak memperhatikan jumlah hari kalender dalam perhitungan prorata seperti yang dilakukan oleh perusahaan dengan tanggal cut off di akhir bulan. Jadi rumusnya adalah 16/30 x Gaji.

Demikian pendapat kami semoga dapat membantu Pak Habib Ashshiddiqy. Selamat berkarya.

 


Anda dapat mengirim pertanyaan konsultasi dengan mengisi form berikut.




Komentar Terkini

Gudang Data

Event HR