Membuat Penilaian Karyawan Sebagai Dasar Kenaikan Gaji | PortalHR.com

PortalHR

BPJS Ketenagakerjaan

Compensation & Benefit

photo

Membuat Penilaian Karyawan Sebagai Dasar Kenaikan Gaji

Oleh : Josephine Regina
Tentang Penulis
Rabu, 24 April 2013 - 11:15 WIB

Pertanyaan

Saya mendapat tugas untuk melakukan penilaian kerja karyawan yang hasilnya nanti akan digunakan sebagai acuan kenaikan gaji karyawan tsb. 1.Bisakah Ibu membantu saya untuk mendapatkan Questioner2nya & bagaimana cara penilaiannya? 2. Bagaimana cara menentukan kenaikan gaji dari hasil penilaian tsb?    


Dhanang


Jawaban

Jawaban:

1. Pertanyaan dan bagaimana cara penilaiannya?

Umumnya suatu Penilaian kinerja karyawan harus berdasarkan atas suatu target yang telah disepakati bersama antara atasan dan bawahannya pada awal tahun kinerja.

Hal ini untuk menjaga fairness dan transparancy di dalam proses penilaian kinerja tersebut.

Target tersebut dituangkan di dalam suatu format di dalam proses yang sering disebut sebagai penetapan sasaran (objective setting).

Format tersebut dapat dibuat berdasarkan kebutuhan perusahaan, sebagai contoh: Format balance scorecard. Dan secara umum dalam membuat sasaran harus spesifik, dapat diukur, relevan dan memiliki target penyelesaian yang jelas di dalam periode kinerja yang terkait.

Setelah objective setting telah ditetapkan maka atasan mulai dapat melakukan proses monitoring  hasil pencapaian atas target yang tekah disepakati dan kemudian melakukan kalibrasi atas keseluruhan hasil yang dicapai oleh seluruh karyawan yang ada untuk dapat menjaga fairness atas hasil yang telah dicapai oleh seluruh karyawan sebagai kontribusi karyawan terhadap keseluruhan target perusahaan.

Disarankan juga bagi perusahaan untuk menetapkan definisi atas kriteria rating atas penilaian hasil kinerja agar dapat menjaga konsistensi standar atas proses penilaian kinerja.

2. Bagaimana cara menentukan kenaikan gaji dari hasil penilaian tsb?

Umumnya penilaian kinerja lebih memiliki kaitan di dalam reward adalah terhadap pembagian Variable Pay (Performance Bonus). Dan kenaikan gaji adalah lebih memiliki kaitannya terhadap suatu posisi  (peranan) dibandingkan dengan kondisi posisi (peranan) tersebut terhadap external market maupun internal relativity.

Sedangkan adanya kaitan terhadap Penilaian kinerja terhadap gaji adalah dimaksud sebagai salah satu alat untuk dapat memberikan pembedaan dalam pemberian penghargaan kepada karyawan dan adanya keterbatasan budget perusahaan, dimana pada akhirnya perusahaan akan lebih memberikan prioritas biaya tenaga kerja kepada karyawan yang berprestasi dan memberikan kontribusi terhadap perusahaan, untuk memotivasi karyawan untuk terus memberikan kinerja yang terbaik dan memastikan bahwa gaji karyawan yang berkinerja baik tersebut tetap kompetitif di dalam market.

 

*) Josephine Regina adalah HR Performance and Reward Head di industri perbankan lokal.

Category: Product #: Regular price:$ (Sale ends ) Available from: Condition: Good ! Order now!
Reviewed by on. Rating:


Anda dapat mengirim pertanyaan konsultasi dengan mengisi form berikut.




Komentar Terkini

Gudang Data

Event HR