PortalHR

Karir

photo

Beda Job Description antara Humas dan Komunikasi Pemasaran

Oleh : Amalia Maulana
Tentang Penulis
Kamis, 25 Januari 2007 - 10:55 WIB

Pertanyaan

Apa beda posisi Marketing Communication Manager (Marcom Manager) dengan Public Relations Manager (PR Manager)? Apakah setiap perusahaan perlu punya Marcom Manager?


Rudi Anton


Jawaban

Sudah lama kita mengenal posisi Humas (Hubungan masyarakat) atau yang juga dikenal dengan sebutan Public Relations (PR). Tugas seorang PR Manager secara umum adalah merencanakan dan mengembangkan komunikasi yang lebih bersifat korporat, meliputi penulisan berita korporat, membina hubungan baik dengan pihak eksternal perusahaan, termasuk membina hubungan dengan media (jurnalis, news editor, dll), sekaligus juga bertanggung jawab terhadap lancarnya komunikasi di tingkat internal perusahaan, misalnya dengan menerbitkan buletin karyawan, dll.

Dalam menjalankan tugasnya, ia juga berhubungan dengan Brand/Marketing Manager menyangkut komunikasi internal dan eksternal berita-berita seputar aktifitas brand. Beberapa project bahkan perlu dilakukan bersama antara PR manager dan Brand/Marketing Manager dalam kaitan program PR campaign sebuah brand yang menjadi bagian dari program IMC (Integrated Marketing Communication).

Belakangan dalam rekrutmen, mulai bermunculan permintaan terhadap jabatan Marketing Communication Manager (Marcom Manager). Apa bedanya dengan PR Manager? Menurut pendapat saya, ini hanya soal istilah saja. Lingkup pekerjaan Marcom Manager hampir sama dengan PR Manager. Jabatan ini merupakan jabatan yang spesialis atau khusus menangani komunikasi internal dan eksternal perusahaan. Berbeda dengan posisi Marketing Manager dimana ia bertanggung jawab bukan saja di bidang komunikasi brand, tetapi juga meliputi pemantauan distribusi, sales, pengembangan produk baru, dll.

Perbedaan istilah antara PR Manager dan Marketing Communication Manager ini mungkin dimaksudkan untuk mempertegas titik berat responsilitas jabatan yang diembannya. Apabila PR Manager selama ini seolah lebih bertanggung jawab kepada komunikasi ke publik yang berkaitan dengan aktifitas korporat; tanggung jawab seorang Marcom Manager lebih berat ke arah pembangunan identitas korporat (corporate identity), serta menjaga agar setiap komunikasi brand yang dimiliki oleh perusahaan selalu merefleksikan image yang sudah dibangun secara korporat. Marcom Manager berperan mengkoordinasikan kegiatan para brand atau marketing manager di dalam konteks komunikasi brand.

Untuk beberapa perusahaan, jabatan Marcom Manager ini mungkin merupakan jabatan yang menimbulkan masalah baru, karena terjadinya overlap responsibilitas dengan Brand/Marketing manager. Pada umumnya, di level Marketing Director lah koordinasi komunikasi antar brand dilakukan, tidak harus melalui campur tangan seorang Marcom Manager. Apalagi dalam satu perusahaan dimana Brand/Marketing Manager nya sudah sangat kompeten dalam hal komunikasi brand, dibantu dengan ekspertise dari biro iklan yang menanganinya. Melihat komplikasi ini, mungkin MarCom Manager lebih dibutuhkan oleh perusahaan yang brand management nya belum kuat. Dengan kata lain, kegiatan pemasarannya masih lebih didominasi oleh kegiatan penjualan, bukan brand building.

Pertimbangan pentingnya diciptakan jabatan Marcom Manager dalam perusahaan bisa kita pandang dari sisi lain. Di jaman komunikasi Internet seperti sekarang ini, pekerjaan komunikasi internal dan eksternal perusahaan menjadi bertambah banyak dan membutuhkan ketelitian terhadap detail. Kehadiran seorang Marcom Manager akan meringankan tugas seorang Marketing Director dan tim Brand/Marketing Manager nya. Banyak tugas baru yang tercipta dengan adanya Internet, misalnya bertanggung jawab terhadap pembangunan dan pembinaan website korporat dan website brand. Lebih jauh lagi adalah untuk perusahaan yang sudah memutuskan untuk punya blog korporat (corporate blog) dan komunitas brand (brand community). Kegiatan-kegiatan ini akan sangat menyita waktu apabila dibebankan ke Brand/Marketing Manager. Dari segi lingkup kerja yang sarat muatan komunikasi brand ini, rasanya sebutan sebagai Marcom Manager lebih tepat dibandingkan sebutan sebagai PR Manager.


Anda dapat mengirim pertanyaan konsultasi dengan mengisi form berikut.




Komentar Terkini

Gudang Data

Event HR