Bagaimana Cara Efektif Memanggil Pelamar? | PortalHR.com

PortalHR

BPJS Ketenagakerjaan

HR Strategis

photo

Bagaimana Cara Efektif Memanggil Pelamar?

Oleh : Mira G Widagdo
Tentang Penulis
Kamis, 27 Mei 2010 - 3:30 WIB

Pertanyaan

Saya ditugasi memanggil dan mengetes para pelamar untuk pramuniaga dan kasir. Yang datang hanya sekitar 30% dari jumlah yang dipanggil. Mengapa begitu? Bagaimana cara yang efektif untuk melakukan pemanggilan? Berapa kali batasan pemanggilan calon karyawan yang tidak hadir untuk diberikan kesempatan lagi pada tes berikutnya?


Iman Nugraha - PT Indomarco Prismatama, Bekasi


Jawaban

Menjawab pertanyaan Anda mengenai permasalahan pengadaan pegawai, dapat saya berikan ilustrasi bahwa awal sukses dalam pemanggilan calon karyawan harus dimulai dari penentuan job dan person specification yang tepat dan tajam.

Meski kriteria yang ditentukan sudah persis seperti yang dibutuhkan, kemungkinan rendahnya pelamar bisa saja terjadi. Oleh karena itu perlu dipilih media publikasi yang juga tepat sasaran. Jika target pelamar yang dituju adalah calon kasir dan pramuniaga, maka pilihlah media yang bisa menjaring target tersebut. Saat ini pilihan channel media pemasangan iklan sangat banyak ragamnya.

Pemanggilan untuk calon di tingkatan ini mungkin bisa dicoba dengan cara pemberitahuan "walk in interview" di media yang Anda pilih. Karena, cara ini membuat pelamar tahu prosesnya langsung di tempat dan cepat. Selanjutnya, yang tersaring di sini bisa dilanjutkan dengan tes tertulis.

Untuk batasan pemanggilan calon pelamar, tentunya tidak ada rumus matematisnya. Tapi, jika dipanggil kedua kali yang bersangkutan tidak hadir juga, berarti untuk selanjutnya Anda tidak perlu menaruh perhatian berlebihan pada calon tersebut. Selalu ada calon lain yang memiliki ketertarikan lebih tinggi.

Selamat mencoba.


Anda dapat mengirim pertanyaan konsultasi dengan mengisi form berikut.




HR Summit

Komentar Terkini

Gudang Data

Event HR