PortalHR

Idul Fitri

Compensation & Benefit

photo

Apakah Tunjangan Tidak Tetap Termasuk Komponen Pesangon?

Oleh : Wiwiek Wijanarti
Tentang Penulis
Selasa, 17 Maret 2009 - 3:09 WIB

Pertanyaan

Apakah tunjangan tidak tetap, seperti tunjangan transportasi, termasuk dalam perhitungan pesangon yang diberikan pada karyawan usia pensiun normal?


Indri


Jawaban

Sesuai UU no. 13 tahun 2003 pasal 157 maka: Komponen upah yang digunakan sebagai dasar perhitungan uang pesangon, uang penghargaan masa kerja, dan uang pengganti hak, terdiri atas
a. upah pokok;
b. segala macam bentuk tunjangan yang bersifat tetap yang diberikan kepada pekerja dan keluarganya, termasuk harga pembelian dari catu yang diberikan kepada pekerja secara cuma-cuma, yang apabila catu harus dibayar pekerja dengan subsidi, maka sebagai upah dianggap selisih antara harga pembelian dengan harga yang harus dibayar oleh pekerja.

Dengan demikian tunjangan tidak tetap tidak termasuk dalam komponen pesangon pensiun.

Yang perlu diperhatikan, apakah di perusahaan Anda sudah jelas definisi dari komponen gaji, mana yang termasuk tunjangan tetap dan mana yang termasuk tunjangan tidak tetap. Jika definisi belum jelas maka bisa terjadi perbedaan pendapat mengenai hal ini.

Biasanya yang termasuk tunjangan tidak tetap besarannya tidak sama setiap bulan, dan penghitungannya bisa berdasarkan hasil kerja (komisi, insentif) atau berdasarkan jumlah kehadiran di kantor (transpor, makan).


Anda dapat mengirim pertanyaan konsultasi dengan mengisi form berikut.




Komentar Terkini

Gudang Data

Event HR