Apakah Perjanjian Bersama Mengikat dan Berkekuatan Hukum Tetap? | PortalHR.com

PortalHR

BPJS Ketenagakerjaan

Hubungan Karyawan

photo

Apakah Perjanjian Bersama Mengikat dan Berkekuatan Hukum Tetap?

Oleh : Bambang Supriyanto
Tentang Penulis
Kamis, 23 Desember 2010 - 9:51 WIB

Pertanyaan

Setiap 3x kontrak saya membuat perjanjian bersama dan mengkuatkan dengan mendaftarkan ke PHI. Apakah dengan demikian PB saya tersebut mengikat dan berkekuatan hukum tetap kepada para pihaknya?

Apakah apabila saya membuat Perjanjian Bersama untuk setiap PHK yang saya buat akan mempunyai kekuatan hukum tetap juga?


Michelle


Jawaban

Jawaban:
1.Perjanjian Bersama (PB) yang anda sebutkan, tidak jelas bagi saya tentang apa tujuan anda membuat PB. Dalam Undang-Undang No 02 tahun 2004 tentang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial, istilah PB digunakan dalam kaitannya dengan perundingan bipartit. Bila perundingan bipartit mencapai kesepakatan, dibuat PB dan kemudian PB tersebut dicatatkan di Pengadilan Hubungan Industrial untuk nantinya dimohonkan eksekusi bila salah satu pihak tidak melaksanakan ketentuan dalam PB tersebut. Hal yang sama adalah dalam kaitannya dengan mediasi.
2.PB yang tidak terkait dengan perundingan bipartit atau mediasi sebagaimana diatur dalam UU No 2 tahun 2004, meskipun didaftarkan ke PHI, tidak mempunyai kekuatan hukum untuk di eksekusi. PB tersebut bila tidak dilaksanakan, hanya dapat diajukan gugatan ke PHI, dengan syarat bahwa gugatan tersebut dilampiri dengan risalah mediasi atau konsiliasi

Category: Product #: Regular price:$ (Sale ends ) Available from: Condition: Good ! Order now!
Reviewed by on. Rating:


Anda dapat mengirim pertanyaan konsultasi dengan mengisi form berikut.




HR Summit

Komentar Terkini

Gudang Data

Event HR