PortalHR

HRIS Expo & Conference

HR Strategis

photo

Apa Saja Hak Normatif Karyawan?

Oleh : Bambang Supriyanto
Tentang Penulis
Rabu, 26 Januari 2011 - 1:35 WIB

Pertanyaan

Selamat Siang Pak Bmbang,

Mohon penjelasannya tentang apa yang dimaksud dengan hak normatif bagi pekerja dan apa saja komponen hak-hak normatif tersebut.

Terima kasih


Alden


Jawaban

Jawaban:

1.Istilah/definisi hak normatif tidak ada secara khusus dinyatakan dalam peraturan perundang-undangan ketenagakerjaan.
2.Istilah "hak normatif" disebut dalam UU No 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, Pasal 145 yang berbunyi " Dalam hal pekerja/buruh yang melakukan mogok kerja secara sah dalam melakukan tuntutan hak normatif yang sungguh-sungguh dilanggar oleh pengusaha, pekerja/buruh berhak mendapatkan upah"
3.Istilah hak normatif lazim digunakan dalam praktek dan pembicaraan di bidang ketenagakerjaan khususnya bidang hubungan kerja/hubungan industrial.
Secara umum pengertian hak normatif pekerja adalah semua hak pekerja yang tercantum dalam peraturan perundang-undangan Ketenagakerjaan, Perjanjian Kerja, Peraturan Perusahaan, dan/atau Perjanjian Kerja Bersama. Komponen hak normatif pekerja sudah terjawab dalam definisi tersebut. Suatu kesejahteraan/ tunjangan yang tidak diatur dalam peraturan perundang-undangan Ketenagakerjaan misalnya: Tunjangan Cuti, besaran Tunjangan Hari Raya adalah 2 bulan upah, program pensiun pekerja apabila sudah dinyatakan dalam Perjanjian Kerja, Peraturan Perusahaan, dan/atau Perjanjian Kerja Bersama menjadi hak normatif pekerja.


Anda dapat mengirim pertanyaan konsultasi dengan mengisi form berikut.




Komentar Terkini

Gudang Data

Event HR