PortalHR

Events

MENDESAIN KURIKULUM PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

MENARA KADIN LEARNING CENTER Menyelenggarakan

Mendesain Kurikulum Pelatihan Berbasis Kompetensi
(Competency-Based Curriculum)

22-23 Februari 2011
Menara Kadin Lt 24,Jakarta

Latar Belakang
Diklat (Pendidikan & Latihan) atau Training Center adalah unit pengembangan SDM yang cepat atau lambat akan menjadi unit yang strategis, oleh karena peranannya yang sentral dalam mendukung kemampuan daya saing organisasi/perusahaan baik secara lokal, regional maupun global.
Kemampuan daya saing terutama ditentukan oleh 2 faktor, yakni tingkat kinerja bisnis serta tingkat kompetensi para pengelola bisnis tersebut, disamping disebabkan pula oleh faktor-faktor strategis lainnya seperti kecukupan modal kerja dan jaringan kerja. Peningkatan kompetensi SDM merupakan tanggung jawab dari Diklat mengingat fungsi utamanya adalah membangun kompetensi SDM organisasi/perusahaan.
Agar fungsi tersebut dapat terpenuhi dengan baik, Diklat memerlukan kesiapan baik infrastruktur (hardware) maupun program (software). Program-program pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi SDM (Competency-based Training) membutuhkan struktur kurikulum dan silabus yang berbasis kompetensi yang sering diistilahkan sebagai KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) atau Competency-based Curriculum. Dengan menggunakan pendekatan KBK, unit Diklat akan dapat memastikan kompetensi-kompetensi apa saja yang dibutuhkan oleh pengelola organisasi/ perusahaan, bagaimana mengukur pencapaian kompetensi yang dilatih, serta indikator-indikator apa saja yang diterapkan untuk mengetahui apakah karyawan telah menguasai kompetensi yang diberikan.
Mendesain kurikulum pelatihan berbasis kompetensi berarti menggunakan profil kompetensi sebagai dasar untuk melakukan analisa kebutuhan pelatihan (TNA) yang hasilnya adalah menetapkan Success Profile dari setiap pekerjaan yang selanjutnya dipakai untuk menentukan silabus dan kurikulum pelatihan yang akan disusun.

Sasaran Program
• Memahami dan mampu konsep kompetensi.
• Memahami dan mampu melaksanakan TNA berdasarkan performance gap dan competency gap.
• Memahami dan mampu merumuskan Key Success Factor berdasarkan TNA.
• Mampu mendesain kurikulum dan silabus berdasarkan Key kompetensi yang akan dikembangkan.

Topik Program
• Strategic Competency-based Human Resource Management ®
• Competency Profiling dan Competency Assessment
• Pendekatan kompetensi dalam Training Needs Analysis
• Merumuskan Key Success Factor setiap kompetensi berdasar TNA
• Menyusun Kurikulum berdasarkan KSF
• Menyusun Silabus berdasarkan Kurikulum

Fasilitator
R. Chandra
R. Chandra telah berkarir di bidang HR sejak tahun 1985 baik sebagai praktisi maupun sebagai konsultan. R. Chandra mengawali karirnya sebagai Junior Consultant di sebuah perusahaan konsultan manajemen yang berada dibawah Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia sampai terakhir menjadi Senior Consultant di sebuah konsultan manajemen multinasional.
Selama kurun waktu tersebut, R. Chandra telah mengantungi beberapa sertifikat/brevet yang terkait dengan pekerjaannya sebagai konsultan, antara lain Facilitating Skill Workshop, Targeted Selection, Assessment Centre, Strategic Planning, HR Strategic Management, Competency Profiling, dan sebagainya. Disamping itu ybs telah mengembangkan berbagai pendekatan dan metode yang aplikatif dalam lingkup Manajemen SDM dan Manajemen pada umumnya.




Komentar Terkini

Gudang Data

Event HR