Compensation & Benefit

photo

Tunjangan Tetap dan Tidak Tetap

Senin, 29 April 2013 - 3:08 WIB
Oleh : Josephine Regina

Pertanyaan


Mau tanya komponen gaji saya meliputi gaji pokok, premi hadir, uang makan, tunjangan jabatan, lunsum, extra yang saya tanyakan.. yang termaksud upah pokok, tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap yang mana, karena kalo saya hitung gaji pokok saya kurang dari 75 % dari take home pay..

Hari


Jawaban

Berdasarkan Undang-undang ketenagakerjaan bahwa: Upah pokok adalah gaji pokok.

Tunjangan tetap adalah segala macam bentuk tunjangan yang bersifat tetap yang diberikan kepada pekerja. Jadi semua bentuk tunjangan yang diterima oleh pekerja secara tetap tanpa memperhatikan kehadiran atau suatu kondisi tertentu maka dikategorikan sebagai tunjangan tetap. Misalnya, tunjangan jabatan adalah bukan tunjangan tetap karena bila si pekerja tidak menjabat di posisi tersebut maka si pekerja tidak akan mendapatkan tunjangan tersebut. Tunjangan transport bukan merupakan tunjangan tetap apabila hanya diberikan jika si pekerja hadir, akan tetapi dapat menjadi tunjangan tetap apabila setiap bulannya si pekerja mendapatkan tunjangan tersebut tanpa memperhatikan jumlah kehadiran si pekerja tersebut.

Sesuai dengan UU No. 13 tahun 2004, pasal 94 tertulis bahwa:

Dalam hal komponen upah terdiri dari upah pokok dan tunjangan tetap maka besarnya upah pokok sedikit-dikitnya 75% (tujuh puluh lima perseratus) dari jumlah upah pokok dan tunjangan tetap.

Take home pay adalah berbeda, karena take home pay secara umum adalah pendapatan yang diterima oleh pekerja yang telah dipotong oleh kewajiban karyawan spt Pajak, Jamsostek dan/atau pinjaman karyawan apabila ada.





CetakCetak | Tutup Window