Mari Berbagi…

Posted on December 2nd, 2011

Mengenal seseorang secara profesional jika hanya sebatas di kantor, maka sudut pandang yang terlihat tentang orang tersebut pun tidak menyeluruh. Apalagi saat ini banyak sekali orang membahas tentang social employee… keseimbangan relationship tidak hanya sebatas sekat di kantor tetapi juga dalam sisi informal, dimana banyak hal justru didapatkan dan lebih memiliki ‘sentuhan’ personal.

Salah satu pertemuan informal tersebut bagi saya terjadi belum lama ini, tepatnya hari Sabtu, 19 November 2011. Pak Josef berkesempatan untuk melakukan sharing dengan teman – teman di S2 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia jurusan Knowledge Management. Sharing yang dihadiri 27 peserta tersebut banyak membahas tentang perjalanan karir Pak Josef selama di Unilever dan sekarang di Danamon.

Ternyata untuk melakukan knowledge management tidaklah melulu harus tergantung pada teknologi, dengan cara sederhana dan fun hal itu justru dapat membuat orang tertarik untuk berbagi pengetahuan. Acara yang dihadiri oleh beberapa orang alumni S2 Knowledge Management ini juga berlangsung cukup hangat. Saya pribadi merasa senang karena dapat hadir dalam acara tersebut, walaupun saya bukan alumni UI… hehe… banyak hal yang didapatkan… Karena betapa tidak dalam perjalanan Pak Josef selama 31 ½ tahun di HR Unilever dapat Beliau share-kan dalam waktu sekitar 2 jam… amaze… Sharing yang sangat berharga. Beberapa point yang saya dapatkan antara lain :

  • Banyak sekali orang senior di perusahaan yang memiliki kompetensi, pengetahuan dan pengalaman, namun setelah orang tersebut pensiun ilmunya juga ikut dibawa pergi, tanpa sempat perusahaan mendokumentasikan aset tersebut.
  • Jika ingin membuat sharing knowledge menjadi budaya bagi karyawan dalam perusahaan buatlah itu simple dan fun, sehingga setiap karyawan secara sukarela mau berbagi pengetahuan mereka.
  • Knowledge Management ditemukan Pak Josef ketika di Unilever bukan pada saat perusahaan di posisi stabil, namun justru ditemukan pada saat terjadi krisis… wow… disini terlihat krisis dapat digunakan sebagai momentum untuk lebih kreatif dan produktif.

Dan sebenarnya masih banyak point yang saya dapatkan dari sharing ini, satu hal yang penting yaitu selama kita masih mau berbagi dengan orang lain, semakin banyak hal dan ide-ide kretif yang bisa kita lakukan bersama…………. So….. Mari berbagi..!!! Thanks a lot Pak Jos!!!

Dari: Erlina

Bookmark and Share

3 Responses to Mari Berbagi…

  1. erlina says:

    Thanks ya Pak, tulisannya di upload :)

  2. Mardi Capelle says:

    Pak, we’d like to start small with this initiative from our team, and we hope to spread this knowledge sharing experience and culture company-wide. May I request you to share about starting KM initiative,Pak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Congratulation untuk pencapaian dan progress yang menggembirakan. Kesempatan itu diberikan, namun hasil diraih...

josef:
Terima kasih Agnes, sekedar mengangkat realita kehidupan di HR, agar teman2 merasa tidak sendirian. Salam

josef:
Terima kasih Agnes. Semua Indah pada waktunya. Dan Keindahan momen promosi diapresiasi semua pihak ketika...

randy:
Terima kasih banyak pak JOS, karena inspirasi bapak lah saya memutuskan untuk pindah bidang kerja dan mengejar...

Agnes Murniati:
Pak Josef, thanks mengulas topik ini. Betul sekali mengenai “Rasa Mulas dan tidak bisa tidur...


Recent Post

  • Keikhlasan Di Balik Budaya Belajar dan Berbagi
  • Target Usia Menjadi HR Manager
  • Bisakah Kecemasan Ini Dihilangkan?
  • Berbagi Peran atau Pamer Kekuasaan
  • Bahagia Membuat Yang Lain Bahagia
  • Konsolidasi demi Pondasi Yang Kokoh
  • CV dan Janji
  • Butir-Butir Mutiara Kehidupan
  • Inspirasi Kartini Menuju Masa Depan
  • Development Sampai Kapan?