Mengantisipasi Upah Sundulan 2013 | PortalHR.com

PortalHR

BPJS Ketenagakerjaan

Berita

Mengantisipasi Upah Sundulan 2013

Kamis, 10 Januari 2013 - 12:32 WIB

Ada beberapa hal yang akan menjadi perhatian dan tantangan HR di awal tahun ini:

Pertama, seperti biasanya pada awal tahun perusahaan dihadapkan kepada masalah perencanaan budget HR dan salary review.

Kedua, salah satu kelemahan dari HR selama ini adalah membuat perencanaan budget yang tepat yang didasari dengan dasar-dasar praktek remunerasi yang profesional. Di antaranya dengan memperhatikan tingkat Consumer Price Index, realisasi dari pergerakan harga pasar dari berbagai pekerjaan melalui praktek survey remunerasi yang dilakukan oleh independent konsultan secara professional.

Ketiga, adanya hal penting menyangkut dikeluarkannya Upah Minimum Regional dan UMP oleh Pemerintah yang dianggap oleh kalangan pengusaha sebagai keputusan yang sangat memberatkan,

dan keempat adalah bagaimana melakukan penyelarasan kompensasi untuk melakukan retensi top talent di era tenaga kerja yang serba kompetitif dewasa ini.

Keempat hal tersebut menjadi sangat penting saat ini untuk Divisi HR, karena begitu banyak kebingungan, kepusingan dan pertanyaan dari Pebisnis dan Perusahaan pada umumnya menyikapi hal-hal tersebut di atas.

Banyak yang bertanya atau sekedar memberikan informasi mengenai bagaimana pusingnya mereka di awal tahun tahun ini untuk mensiasati hal tersebut dengan sebisa mungkin menghindari PHK.

Di sisi lain banyak juga yang memberikan sikap seperti, jika kami harus bayar mahal, maka kami juga akan memilih SDM yang sesuai dengan harga mahal meskipun itu hanya untuk kriteria first entry job.

Artinya karena mereka sudah terpaksa mengeluarkan budget yang mahal dikarenakan UMP, mereka menaikkan kriteria bahwa pekerjaan-pekerjaan yang tadinya dikerjakan oleh lulusan SMA s/d D3, akan mereka naikkan kriterianya menjadi S1.

Hal tersebut di satu sisi mungkin baik untuk dilakukan mengingat tingkat pengangguran S1 di Indonesia masih cukup besar, setidaknya ada sekitar 780,000 sarjana menganggur di posisi bulan Desember 2012. Di sisi lain, bagaimana selanjutnya nasib lulusan SMA dan D3 jika perusahaan Indonesia beralih kriteria?

Jawabannya mungkin akan terjadi demo pekerja yang lebih besar lagi di tahun 2013 ini karena saya dengar teman-teman pekerja pabrik ingin menuntut kenaikan gaji lagi.

Selanjutnya bagaimana Perusahaan harus menyikapi  kenaikan standard gaji di level paling bawah? Jika level paling bawah dinaikkan hampir 40% apakah akan menyundul seluruh karyawan di organisasi dengan besaran yang sama? Dengan keterbatasan besaran budget SDM di Perusahaan maka pertanyaan tersebut akan kita jawab dengan cepat dengan jawaban tidak mungkin. Tapi ah, bagaimana caranya?

Jawabnya, kami akan mengundang Anda untuk hadir dalam seminar How To Make Great Salary Review and Budgeting” 2013 termasuk membahas mengenai Kiat-kiat Mengatasi Upah Sundulan. Seminar sehari ini diselenggarakan oleh PortalHR dan People Institute pada tanggal 31 Januari 2013 mendatang.

Hadir sebagai pembicara adalah praktisi HR dan juga rekan-rekan dari Divisi Finance. Marilah kita menyimak berbagai hal menarik yang akan disampaikan oleh para konsultan salary survey, pihak regulator dari DepnakerTrans dan beberapa praktisi HR untuk berdiskusi dalam mencari kiat-kiat professional mengenai mereview gaji di tahun 2013 ini.

Sebelum Anda bertambah pusing ada baiknya Anda menyempatkan datang ke acara ini dan berbagi ilmu dan kiat. Semoga Anda dapat menyempatkan untuk datang dan berpartisipasi dalam diskusi di tanggal 31 Januari nanti, kami tunggu kehadiran Anda semua…!!

 

Daftar di sini!

Category: Product #: Regular price:$ (Sale ends ) Available from: Condition: Good ! Order now!
Reviewed by on. Rating:




Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Silakan klik Topik Berita di bawah ini

ASAP Conference ASTD benefit BPJS CEO Engagement gaji Generasi Y gen y Good Morning Partner Google HR HRD interview kalender event HR karier karir Karyawan kenaikan gaji kepemimpinan ketenagakerjaan knowledge management leadership Linkedin manajemen outsourcing Paulus Bambang WS pengembangan PHK PKWT produktivitas rekrutmen SDM seputar HR serikat pekerja singapore social media social media & HR talent talent management teknologi THR tips training wirausaha
Training BPJS Kesehatan

Komentar Terkini

Gudang Data

Event HR