3 Tips Meningkatkan Kinerja Karyawan dengan Sosial Media di PortalHR Summit 2012 | PortalHR.com

PortalHR

BPJS Ketenagakerjaan

Berita

3 Tips Meningkatkan Kinerja Karyawan dengan Sosial Media di PortalHR Summit 2012

Rabu, 18 April 2012 - 10:38 WIB

PORTALHR Summit 2012 hari kedua dibuka dengan presentasi yang disampaikan oleh Nukman Lutfie, pakar online strategist yang juga founder of PortalHR. Sesi yang juga disiarkan langsung scara streaming melalui http://portalhr.com/webinar ini berlangsung interaktif selama kurang lebih satu jam tersebut membahas mengenai social media dan dampaknya bagi karyawan.

Bagaimana dampak social media and HR terhadap dunia kerja memang patut dicermati oleh praktisi SDM mengingat sebagian besar karyawan mereka adalah generasi muda yang hampir semuanya adalah pengguna aktif social media. “Bagaimana pun, social media telah banyak mengubah perilaku mereka, sehingga banyak kebijakan perusahaan yang harus diselaraskan dengan perilaku tersebut,” papar Nukman.

Nukman lantas menjelaskan, social media seperti facebook yang telah menyedot jumlah pengguna terbesar di Indonesia, twitter yang meraih sekitar 20 juta pengguna, belum situs-situs forum, blog dan situs lainnya telah mempengaruhi karyawan sedemikian rupa. “Salah satu efeknya adalah semakin terbukanya informasi, baik mengenai diri karyawan sendiri, termasuk informasi penting tentang perusahaan. Sisi positifnya adalah praktisi HRD menjadi lebih mudah mengenali mereka,” katanya.

Nukman mengingatkan, tantangan bagi departemen HRD adalah apakah karyawan-karyawan tersebut bisa kita pergunakan sebagi brand ambassador untuk perusahaan mereka. Untuk menjawab tantangan tersebut, ada beberapa hal yang dapat dilakukan departemen HRD.

“Cara tercerdas adalah dengan menguasai social media. Yang pertama adalah dengan kita membangun social media policy. Kedua, dengan memberikan training bagi karyawan sehingga mereka dapat memanfaatkan social media untuk meningkatkan produktivitas. Ketiga adalah mentraining karyawan untuk memanfaatkan social media secara efektif,” demikian alternative solusi dari Nukman.

Yang menjadi masalah, masih menurut Nukman, adalah banyaknya manager HRD yang belum menggunakan social media tersebut. “Padahal karyawan mereka jauh lebih maju dalam hal social media. Untuk itulah, penting bagi praktisi SDM untuk terjun ke social media sehingga facebook, twitter, tidak akan menjadi boomerang bagi kelangsungan perusahaan,” tukasnya. (TW)

Category: Product #: Regular price:$ (Sale ends ) Available from: Condition: Good ! Order now!
Reviewed by on. Rating:





2 komentar untuk artikel 3 Tips Meningkatkan Kinerja Karyawan dengan Sosial Media di PortalHR Summit 2012



  1. shinji hiroyuki
    Kamis, 19 April 2012 pada 15.15

    Inilah bentuk tantangan baru SDM saat ini. Banyak orang bilang bahwa karyawan yang sedang asyik menggunakan social media di kantor bisa menurunkan produktifitas sehingga tak jarang dicurigai, dimarahi, tidak dipercaya, atau bahkan diintimidasi akibat social media tersebut. Padahal, modern ini social media sudah menjadi suatu bagian hidup dari generasi muda yang sulit sekali dipisahkan sehingga perlu adanya penyesuaian dari SDM terkait perubahan tersebut. Semoga ke depannya, perusahaan, khususnya yang berplat merah dapat mengambil keuntungan dari adanya social media ini.

  2. Monang Sirait
    Rabu, 18 April 2012 pada 12.28

    Benar Sekali! Terutama praktisi HRD yg sudah angkatan tua, kadang suka alergi/praduga negatif dgn social media, pada hal jika sudah di cermati, sangat banyak hal positif yg dpt dimanfaatkan. Misalnya training atau penyampaian pesan2 tertentu, yang membutuhkan kecepatan, pada hal hal ada keterbatasan ruang dan faktor jarak.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Silakan klik Topik Berita di bawah ini

ASAP Conference ASTD benefit CEO Engagement gaji Generasi Y gen y Good Morning Partner Google HR HRD interview job description kalender event HR karier karir Karyawan kenaikan gaji kepemimpinan ketenagakerjaan knowledge management leadership Linkedin manajemen outsourcing Paulus Bambang WS pengembangan PHK PKWT produktivitas rekrutmen SDM seputar HR serikat pekerja singapore Singapore Human Capital Summit social media social media & HR talent talent management THR tips training wirausaha
HR Summit

Komentar Terkini

Gudang Data

Event HR